Skip to main content

Shahih Tafsir Ibnu Katsir: Surat al-Baqarah (4)

Shahih Tafsir Ibnu Katsir

Surat al-Baqarah (4)

Al-Baqarah, Ayat 4

"Dan mereka yang beriman kepada al-Kitab (al-Qur-an) yang telah diturunkan kepadamu dan Kitab-kitab yang telah diturunkan sebelummu, serta mereka yakin akan adanya (kehidupan) akhirat." (QS. 2: 4)

Ibnu 'Abbas ra-dhiyallaahu 'anhuma berkata: "Firman Allah: 'Dan mereka yang beriman kepada al-Kitab (al-Qur-an) yang telah diturunkan kepadamu dan Kitab-kitab yang telah diturunkan sebelummu, serta mereka yakin akan adanya (kehidupan) akhirat', maksudnya adalah mereka membenarkan apa yang engkau (Muhammad shallallaahu 'alaihi wa sallam) bawa dari Allah Sub-haanahu wa Ta'aala dan apa yang dibawa oleh para Nabi sebelummu. Mereka tidak membeda-bedakan di antara para Rasul tersebut serta tidak mengingkari apa yang mereka bawa dari Rabb mereka." (40)

"'Dan mereka yakin akan adanya (kehidupan) akhirat', yakni akan adanya hari Kebangkitan, Kiamat, Surga, Neraka, Hisab dan Timbangan." (41)

Disebut akhirat karena ia ada setelah kehidupan dunia.

Sifat-sifat Kaum Mukminin

Orang-orang yang menyandang sifat ini (mukminin) adalah orang-orang yang memiliki sifat-sifat yang tersebut dalam ayat: "(Yaitu) mereka yang beriman kepada yang ghaib, yang mendirikan shalat, dan menafkahkan sebagian rizki yang Kami anugerahkan kepada mereka." (QS. Al-Baqarah: 3)

Diriwayatkan dari Mujahid, ia mengatakan: "Empat ayat pertama dari surat al-Baqarah menjelaskan sifat orang-orang yang beriman. Dua ayat berikutnya menjelaskan sifat orang-orang kafir. Dan tiga belas ayat menjelaskan sifat orang-orang munafik. Keempat ayat tersebut umum bagi setiap mukmin yang menyandang sifat-sifat tersebut, baik dari kalangan bangsa Arab maupun non Arab, serta Ahli Kitab, baik ummat manusia maupun kalangan jin. Salah satu sifat tidak akan sempurna tanpa adanya sifat-sifat yang lain. Bahkan masing-masing sifat menuntut adanya sifat yang lain. Dengan demikian keimanan kepada yang ghaib, shalat, dan zakat, tidak akan benar kecuali dengan adanya iman kepada apa yang dibawa oleh Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam, juga apa yang dibawa oleh para Rasul sebelumnya, serta keyakinan akan adanya kehidupan akhirat. Dan Allah telah memerintahkan orang-orang yang beriman untuk memenuhi hal itu melalui firman-Nya:

"Wahai orang-orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan kepada Kitab yang Allah turunkan kepada Rasul-Nya, serta Kitab yang Allah turunkan sebelumnya." (QS. An-Nisaa': 136)

Allah Sub-haanahu wa Ta'aala juga berfirman:

"Dan janganlah kamu berdebat dengan Ahli Kitab, melainkan dengan cara yang paling baik, kecuali dengan orang-orang zhalim di antara mereka, dan katakanlah: 'Kami telah beriman kepada (Kitab-kitab) yang diturunkan kepada kami dan yang diturunkan kepadamu, Ilah kami dan Ilahmu adalah satu.'" (QS. Al-Ankabuut: 46)

Bersambung...

===

(40) Tafsiir ath-Thabari 1/244.

(41) Ibnu Abi Hatim 1/39.

===

Maraji'/ sumber:
Kitab: al-Mishbaahul Muniiru fii Tahdziibi Tafsiiri Ibnu Katsiir, Penyusun: Tim Ahli Tafsir di bawah pengawasan Syaikh Shafiyyurrahman al-Mubarakfuri, Penerbit: Daarus Salaam lin Nasyr wat Tauzi', Riyadh - Kerajaan Saudi Arabia, Cetakan terbaru yang telah direvisi dan disempurnakan, April 2000 M/ Muharram 1421 H, Judul terjemahan: Shahih Tafsir Ibnu Katsir Jilid 1, Penerjemah: Abu Ihsan al-Atsari, Penerbit: Pustaka Ibnu Katsir, Jakarta - Indonesia, Jumadal Awwal 1436 H/ Maret 2015 M.

===

Layanan GRATIS Konsultasi, Estimasi Biaya, dan Survei Lokasi: Rangka Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
Telp/ SMS/ WA: 085778018878, BB: 269C8299
http://www.bajaringantangerang.com

===

As-Salamu 'alaikum pembaca setia baitulkahfitangerang.blogspot.com, bisakah anda menjadi agen properti?

Bisakah anda meraih keuntungan dengan memposisikan diri di antara pemilik dan pembeli? Jawab: BISA
1) tanpa punya pengalaman apapun di bidang properti
2) tanpa modal
3) tetap di pekerjaan atau bisnis anda sekarang
4) tetap tinggal di kota anda

Untuk info dan daftar GRATIS, klik: http://tinyurl.com/ppamr9b

===

Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog