Skip to main content

Bekal di Bulan Ramadhan: Hal-hal yang Dianjurkan Untuk Dilakukan pada Hari Raya

Bekal di Bulan Ramadhan

Hukum-hukum Seputar Hari Raya

Hal-hal yang Dianjurkan Untuk Dilakukan pada Hari Raya

Soal: Apa saja perkara yang dianjurkan untuk dilakukan pada hari raya 'Idul Fithri?

Jawab: Pada hari raya 'Idul Fithri kaum Muslimin memperlihatkan kegembiraan mereka dengan selesainya shiyam pada bulan Ramadhan, qiyam Ramadhan dan seluruh amalan ibadah selama bulan Ramadhan. Karena semuanya tadi adalah nikmat Allah Ta'ala yang terbesar yang dianugerahkan kepada hamba-hamba-Nya. Maka mereka (kaum Muslimin) memulai dengan mengumandangkan takbir pada malam hari raya serta pada saat hari raya tersebut sebelum pelaksanaan shalat 'Idul Fithri. Mereka keluar pada pagi hari untuk melaksanakan ibadah khusus yakni shalat 'Idul Fithri dengan cara khusus dan mereka semua keluar, baik kaum lelaki, wanita, sampai gadis-gadis yang dipingit pun ikut keluar untuk menyaksikan kebaikan bersama kaum Muslimin yang lainnya sebagaimana telah disebutkan di dalam hadits. Kemudian mereka pulang dari tempat shalat dalam keadaan bahagia dengan segala nikmat yang mereka peroleh dan mereka saling bergantian mengucapkan selamat. Saling berkunjung di antara mereka dalam keadaan tidak shiyam pada hari tersebut (hari raya) sebagai tanda berakhirnya ibadah mereka pada bulan Ramadhan.

Syaikh 'Abdullah bin al-Jibrin

Bersambung...

===

Maraji'/ sumber:
Kitab: Fatawa ash-Shiyaam Syaikh 'Abdul 'Aziz bin 'Abdillah bin Baaz, Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin, Syaikh 'Abdullah al-Jibriin, Penyusun: Muhammad al-Musnid, Judul terjemahan: Bekal di bulan Ramadhan, Penerjemah: 'Ainun Najib Azhari Lc, Penerbit: at-Tibyan, Solo - Indonesia, tanpa keterangan cetakan dan tahun.

===

Layanan GRATIS Konsultasi, Estimasi Biaya, dan Survei Lokasi: Rangka Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
Telp/ SMS/ WA: 085778018878, BB: 269C8299
http://www.bajaringantangerang.com

===

As-Salamu 'alaikum pembaca setia baitulkahfitangerang.blogspot.com, siapa tau anda - atau ada temen yang tertarik dengan properti Bali di bawah ini:

Tanah keren yang sangat cocok untuk bangun kompleks villa. Terletak di jalan utama di Canggu, hanya 2km ke Canggu dan Echo Beach - dua diantara pantai untuk surfing yang poluler di Bali. Luas tanah 2950m2, lebar depan 37m.

Untuk melihat foto dan informasi, klik www.balikey.com/p/1502/aa5420

===

Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog