Skip to main content

Shahih Tafsir Ibnu Katsir: Surat al-Baqarah (0/3)

Shahih Tafsir Ibnu Katsir

Surat al-Baqarah (0/3)

Keutamaan membacanya bersama surat Ali 'Imran

Imam Ahmad meriwayatkan, telah memberitahukan kepada kami Abu Nu'aim, telah memberitahukan kepada kami Bisyr bin Muhajir, telah memberitahukan kepadaku 'Abdullah bin Buraidah dari ayahnya, ia berkata: "Aku pernah duduk bersama Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam, maka aku mendengar beliau bersabda:

'Pelajarilah surat al-Baqarah, karena sesungguhnya membacanya adalah berkah dan meninggalkannya adalah suatu penyesalan. Dan tukang sihir tidak akan sanggup menjangkaunya.'"

Ia berkata: "Kemudian beliau shallallaahu 'alaihi wa sallam diam sejenak, lalu bersabda:

'Pelajarilah surat al-Baqarah dan Ali 'Imran, karena sesungguhnya keduanya adalah cahaya yang akan menaungi pembacanya pada hari Kiamat seakan-akan keduanya seperti dua tumpukan awan atau bagaikan dua bentuk payung atau bagaikan dua kelompok burung yang mengembangkan sayapnya. Sesungguhnya al-Qur-an akan mendatangi orang-orang yang gemar membacanya pada hari Kiamat ketika kuburnya terbelah. Dia datang seperti seorang lelaki yang kurus dan pucat. Laki-laki itu bertanya kepadanya: 'Kenalkah engkau denganku?' Ia menjawab: 'Aku tidak mengenalmu.' Laki-laki itu berkata: 'Aku adalah temanmu, al-Qur-an, yang telah membuatmu dahaga pada hari yang terik dan membuatmu tidak tidur di malam hari. Sesungguhnya setiap pedagang berada di belakang barang dagangannya, dan engkau pada hari ini berada di belakang seluruh perdagangan. Lalu diberikanlah kerajaan dengan tangan kanannya dan kekekalan dengan tangan kirinya. Lalu diletakkan mahkota kehormatan di atas kepalanya. Lalu kedua orang tuanya diberi sepasang perhiasan yang tidak pernah dibuat oleh ahli dunia. Keduanya berkata: 'Mengapa aku diberi pakaian ini?' Lalu dikatakanlah: 'Karena anakmu rajin membaca al-Qur-an.' Kemudian dikatakan: 'Baca dan naiklah di anak tangga Surga dan kamar-kamarnya.' Dan ia terus naik selama ia terus membaca. Baik ia membacanya dengan cepat maupun dengan tartil.'" (8)

Ibnu Majah meriwayatkan dari hadits Bisyr bin al-Muhajir sebagian darinya. (9) Sanad hadits ini hasan menurut syarat Muslim.

Bersambung...

===

(8) Ahmad 5/352. Shahih: Dishahihkan oleh Syaikh al-Albani rahimahullaah dalam Shahiih at-Targhiib wat Tarhiib no. 1466.

(9) Ibnu Majah 2/1242.

===

Maraji'/ sumber:
Kitab: al-Mishbaahul Muniiru fii Tahdziibi Tafsiiri Ibnu Katsiir, Penyusun: Tim Ahli Tafsir di bawah pengawasan Syaikh Shafiyyurrahman al-Mubarakfuri, Penerbit: Daarus Salaam lin Nasyr wat Tauzi', Riyadh - Kerajaan Saudi Arabia, Cetakan terbaru yang telah direvisi dan disempurnakan, April 2000 M/ Muharram 1421 H, Judul terjemahan: Shahih Tafsir Ibnu Katsir Jilid 1, Penerjemah: Abu Ihsan al-Atsari, Penerbit: Pustaka Ibnu Katsir, Jakarta - Indonesia, Jumadal Awwal 1436 H/ Maret 2015 M.

===

Layanan GRATIS Konsultasi, Estimasi Biaya, dan Survei Lokasi: Rangka Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
Telp/ SMS/ WA: 085778018878, BB: 269C8299
http://www.bajaringantangerang.com

===

As-Salamu 'alaikum pembaca setia baitulkahfitangerang.blogspot.com, bisakah anda menjadi agen properti?

Bisakah anda meraih keuntungan dengan memposisikan diri di antara pemilik dan pembeli? Jawab: BISA
1) tanpa punya pengalaman apapun di bidang properti
2) tanpa modal
3) tetap di pekerjaan atau bisnis anda sekarang
4) tetap tinggal di kota anda

Untuk info dan daftar GRATIS, klik: http://tinyurl.com/ppamr9b

===

Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog