Skip to main content

Kajian Ramadhan: Taubat

Kajian Kedua Puluh Sembilan

Kajian Ramadhan

Taubat

Segala puji bagi Allah yang telah memberikan bukti yang jelas kepada setiap makhluk mengenai keesaan-Nya. Dia mengatur hamba-Nya sebagaimana yang Dia kehendaki dengan segala kemuliaan dan kekuasaan-Nya. Dia memilih orang-orang yang bertakwa lalu memberikan keamanan dan keimanan kepada mereka. Dengan kemurahan dan rahmat-Nya, Dia juga memberikan maaf dan ampunan kepada orang-orang yang berbuat dosa. Allah tidaklah memutus rezeki orang yang bermaksiat kepada-Nya sekalipun sebagai bentuk kedermawanan dan karunia dari-Nya. Allah menghibur orang-orang yang ikhlas dengan kedekatan dengan-Nya. Allah memberikan ancaman mengenai hari Hisab dengan adanya kesulitan yang sangat besar bagi orang-orang yang ingkar. Dia selalu menjaga orang yang berjalan menuju ridha-Nya. Dia memuliakan orang yang beriman dengan menetapkan keimanan di dalam kalbunya. Dia mengambil kebijakan berdasarkan hikmah-Nya dengan memberikan perintah dan larangan, membangunkan orang yang lengah dan lalai dengan cara memberikan nasihat dan petuah serta menyeru orang yang berdosa agar mau bertaubat untuk mendapatkan ampunan atas dosanya. Dia adalah Rabb Agung yang tidak akan bisa disamai oleh makhluk-Nya. Dia Mahakuasa dan Mahamulia, tidak butuh makan atau minum. Sementara itu para makhluk selalu membutuhkan-Nya dan terpaksa harus mendapatkan rahmat-Nya siang dan malam.

Aku memuji Allah dengan pujian yang layak diberikan oleh seorang hamba kepada Rabbnya serta memohon maaf kepada-Nya atas segala kekurangan dan dosa. Aku bersaksi bahwa tidak ada yang berhak diibadahi kecuali Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya, dengan kesaksian dari seorang yang ikhlas dari dalam hatinya. Aku bersaksi pula bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya yang dipilih di antara 'golongan'-Nya. Semoga Allah senantiasa mencurahkan shalawat dan salam kepada beliau, kepada Abu Bakar, sebaik-baik Shahabat beliau, kepada 'Umar yang ditakuti oleh setan, kepada 'Utsman yang syahid di luar barisan perang, kepada 'Ali yang senantiasa membantu beliau dalam perang, serta kepada keluarga, para Shahabat serta siapa saja yang mengambil petunjuk beliau hingga hari Kiamat.

Saudara sekalian, akhirilah bulan Ramadhan ini dengan bertaubat kepada Allah dari bermaksiat terhadap-Nya, dan dengan kembali kepada-Nya dengan cara mengerjakan segala amalan yang diridhai oleh-Nya. Sebab, yang namanya manusia itu selalu saja tidak lepas dari tindak kesalahan dan kekurangan. Setiap anak keturunan Adam suka berbuat salah, namun sebaik-baik orang yang berbuat salah adalah orang-orang yang bertaubat. Allah Sub-haanahu wa Ta'aala di dalam Kitab-Nya, dan juga Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam dalam haditsnya, telah memberikan dorongan agar kita senantiasa memohon ampunan kepada Allah dan bertaubat kepada-Nya.

Bersambung...

===

Maraji'/ sumber:
Kitab: Majaalisu Syahru Ramadhaan, Penulis: Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin rahimahullaah, Penerbit: Daruts Tsurayya lin Nasyr - Riyadh, Cetakan I, 1422 H/ 2002 M, Judul terjemahan: Kajian Ramadhan, Penerjemah: Salafuddin Abu Sayyid, Penerbit: al-Qowam - Solo, Cetakan V, 2012 M.

===

Layanan GRATIS Konsultasi, Estimasi Biaya, dan Survei Lokasi: Rangka Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
Telp/ SMS/ WA: 085778018878, BB: 269C8299
http://www.bajaringantangerang.com

===

As-Salamu 'alaikum pembaca setia baitulkahfitangerang.blogspot.com, siapa tau anda - atau ada temen yang tertarik dengan properti Bali di bawah ini:

Tanah kerennnn di Klungkung, Bali - nyaman dan cepat berkendaraan lewat Bypass Ida Bagus Mantra, kira2 20km dari Sanur. Dengan luas tanah 26,890m2, asri dan tenang disini, sangat cocok untuk komplex villa atau perumahan.

Pemilik sangat berniat menjual cepat, action sekarang!

Untuk denah dan info, klik: www.balikey.com/p/1510/aa5420

===

Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog