Skip to main content

Shahih Tafsir Ibnu Katsir: Surat al-Baqarah (7)

Shahih Tafsir Ibnu Katsir

Surat al-Baqarah (7)

Al-Baqarah, Ayat 7

"Allah telah mengunci mati hati dan pendengaran mereka, dan penglihatan mereka ditutup. Dan bagi mereka siksa yang amat berat." (QS. 2: 7)

As-Suddi mengatakan: "Khatamallaahu artinya Allah telah menutup dengan sesuatu yang melekat (thaba'a)." (44)

Berkaitan dengan ayat ini Qatadah mengatakan: "Syaitan telah menguasai mereka karena mereka mentaatinya. Maka Allah mengunci mati hati dan pendengaran mereka, serta pandangan mereka ditutup, hingga tidak dapat melihat petunjuk, tidak dapat mendengarkan, memahami ataupun berfikir." (45)

Ibnu Juraij meriwayatkan dari Mujahid, ia mengatakan bahwa kata khatama dalam firman Allah: "Khatamallaahu 'alaa quluubihim 'Allah mengunci mati hati mereka', artinya adalah ath-thab'u yaitu melekatnya dosa di hati, lalu dosa-dosa itu senantiasa mengelilinginya dari segala arah, sehingga berhasil bertemu (melekat kuat) dengan hati. Pertemuan dosa dengan hati inilah yang merupakan tutupan yang melekat (ath-thab'u)." (46)

Selanjutnya Ibnu Juraij mengatakan: "Yang ditutup rapat adalah hati dan pendengaran mereka." (47)

Ibnu Juraij berkata: 'Abdullah bin Katsir telah berkata kepadaku bahwasanya ia pernah mendengar Mujahid mengatakan: "Ar-Raan (noda-noda yang menempel di hati) lebih ringan daripada ath-thab'u (penutup yang melekat), dan ath-thab'u lebih ringan dari al-iqfaal (dikunci mati), serta al-iqfaal lebih berat dari semua itu." (48)

Al-A'masy berkata: "Mujahid mengisyaratkan kepada kami dengan tangannya seraya berkata: 'Mereka berpendapat bahwa perumpamaan hati seperti ini, yakni telapak tangan. Jika seseorang berbuat dosa, maka dosa itu menutupinya.' Sambil membengkokkan jari kelingkingnya, ia (Mujahid) mengatakan: 'Seperti ini. Jika ia berbuat dosa lagi, maka dosa itu menutupinya.' Mujahid membengkokkan jari yang lain ke telapak tangannya. Demikian seterusnya hingga seluruh jari jemari menutup telapak tangannya. Setelah itu Mujahid berkata: 'Hati mereka itu terkunci mati.' Dan Mujahid mengatakan: 'Mereka memandang bahwa hal itu adalah ar-rain (kotoran/ dosa).'" (49)

Al-Qurthubi berkata: "Ummat Islam telah sepakat bahwa Allah 'Azza wa Jalla telah menyifati diri-Nya dengan mengunci mati dan menutup hati orang-orang kafir sebagai balasan atas kekufuran mereka. Sebagaimana firman Allah Sub-haanahu wa Ta'aala: "Bahkan, sebenarnya Allah telah menutup hati mereka karena kekafirannya." (QS. An-Nisaa': 155)

Lalu dia menyebutkan hadits tentang berbolak-baliknya hati.

Yaa muqallibal quluubi tsabbit quluubanaa 'alaa diinika
"Wahai Rabb yang membolak-balikkan hati, tetapkanlah hatia kami di atas agama-Mu." (50)

Bersambung...

===

(44) Ibnu Abi Hatim 1/44.

(45) Ibnu Abi Hatim 1/44.

(46) Ibnu Abi Hatim 1/44.

(47) Tafsiir ath-Thabari 1/259.

(48) Tafsiir ath-Thabari 1/259.

(49) Tafsiir ath-Thabari 1/258.

(50) At-Tirmidzi no. 2140, 2587, dan Ibnu Majah no. 3834. Shahih: Dishahihkan oleh Syaikh al-Albani dalam Shahiihul Jaami' no. 7987, 7988.

===

Maraji'/ sumber:
Kitab: al-Mishbaahul Muniiru fii Tahdziibi Tafsiiri Ibnu Katsiir, Penyusun: Tim Ahli Tafsir di bawah pengawasan Syaikh Shafiyyurrahman al-Mubarakfuri, Penerbit: Daarus Salaam lin Nasyr wat Tauzi', Riyadh - Kerajaan Saudi Arabia, Cetakan terbaru yang telah direvisi dan disempurnakan, April 2000 M/ Muharram 1421 H, Judul terjemahan: Shahih Tafsir Ibnu Katsir Jilid 1, Penerjemah: Abu Ihsan al-Atsari, Penerbit: Pustaka Ibnu Katsir, Jakarta - Indonesia, Jumadal Awwal 1436 H/ Maret 2015 M.

===

Layanan GRATIS Konsultasi, Estimasi Biaya, dan Survei Lokasi: Rangka Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
Telp/ SMS/ WA: 085778018878, BB: 269C8299
http://www.bajaringantangerang.com

===

Bisakah anda menjadi agen properti?

Bisakah anda meraih keuntungan dengan memposisikan diri di antara pemilik dan pembeli? Jawab: BISA
1) tanpa punya pengalaman apapun di bidang properti
2) tanpa modal
3) tetap di pekerjaan atau bisnis anda sekarang
4) tetap tinggal di kota anda

Untuk info dan daftar GRATIS, klik: http://tinyurl.com/ppamr9b

==
Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog