Skip to main content

Shahih Tafsir Ibnu Katsir: Surat al-Baqarah (4/2)

Shahih Tafsir Ibnu Katsir

Surat al-Baqarah (4/2)

Allah juga berfirman:

"Hai orang-orang yang telah diberi al-Kitab, berimanlah kamu kepada apa yang telah Kami turunkan (al-Qur-an) yang membenarkan Kitab yang ada padamu." (QS. An-Nisaa': 47)

Allah juga berfirman:

"Katakanlah: 'Hai Ahli Kitab, kamu tidak dipandang beragama sedikitpun, hingga kamu menegakkan ajaran-ajaran Taurat, Injil dan al-Qur-an yang diturunkan kepadamu dari Rabbmu." (QS. Al-Maa-idah: 68)

Dan Allah telah menyebutkan tentang orang-orang yang beriman secara keseluruhan yang memenuhi semua itu dalam firman-Nya:

"Rasul telah beriman kepada al-Qur-an yang diturunkan kepadanya dari Rabbnya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, Malaikat-malaikat-Nya, Kitab-kitab-Nya, dan Rasul-rasul-Nya. (Mereka mengatakan): 'Kami tidak membeda-bedakan antara seseorangpun (dengan yang lain) dari Rasul-rasul-Nya." (QS. Al-Baqarah: 285)

Dan juga firman-Nya:

"Orang-orang yang beriman kepada Allah dan Rasul-rasul-Nya dan tidak membeda-bedakan seorang pun di antara mereka." (QS. An-Nisaa': 152)

Dan ayat-ayat lain yang menunjukkan perintahkan kepada orang-orang yang beriman agar beriman kepada Allah, Rasul-rasul-Nya dan Kitab-kitab-Nya.

Akan tetapi orang-orang yang beriman dari kalangan Ahli Kitab memiliki keistimewaan, karena mereka telah beriman kepada Kitab-kitab suci yang ada di tangan mereka secara terperinci. Apabila mereka masuk Islam dan beriman dengannya secara terperinci juga, maka mereka akan mendapatkan pahala dua kali lipat. Adapun selain mereka hanyalah memperoleh keimanan tentang Kitab-kitab suci terdahulu secara global saja. Sebagaimana disebutkan dalam kitab ash-Shahiih:

"Jika Ahli Kitab menyampaikan riwayat kepadamu, maka janganlah mendustakan mereka dan jangan pula membenarkan mereka. Akan tetapi katakanlah: 'Kami beriman kepada apa yang telah diturunkan kepada kami dan apa-apa yang diturunkan kepada kalian." (42)

Akan tetapi bisa saja keimanan mayoritas orang-orang Arab kepada Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad shallallaahu 'alaihi wa sallam lebih sempurna, lebih universal dan lebih komplit daripada keimanan orang-orang Ahli Kitab yang masuk ke dalam Islam. Kalaupun mereka mendapat pahala dua kali lipat dari sisi tersebut, akan tetapi orang-orang selain mereka bisa saja memperoleh keimanan yang membuat pahala mereka berlipat ganda melebihi pahala dua kali lipat yang mereka peroleh. Wallaahu a'lam.

Bersambung...

===

(42) Abu Dawud 4/59. Diriwayatkan pula oleh al-Bukhari no. 4485.

===

Maraji'/ sumber:
Kitab: al-Mishbaahul Muniiru fii Tahdziibi Tafsiiri Ibnu Katsiir, Penyusun: Tim Ahli Tafsir di bawah pengawasan Syaikh Shafiyyurrahman al-Mubarakfuri, Penerbit: Daarus Salaam lin Nasyr wat Tauzi', Riyadh - Kerajaan Saudi Arabia, Cetakan terbaru yang telah direvisi dan disempurnakan, April 2000 M/ Muharram 1421 H, Judul terjemahan: Shahih Tafsir Ibnu Katsir Jilid 1, Penerjemah: Abu Ihsan al-Atsari, Penerbit: Pustaka Ibnu Katsir, Jakarta - Indonesia, Jumadal Awwal 1436 H/ Maret 2015 M.

===

Layanan GRATIS Konsultasi, Estimasi Biaya, dan Survei Lokasi: Rangka Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
Telp/ SMS/ WA: 085778018878, BB: 269C8299
http://www.bajaringantangerang.com

===

Bisakah anda menjadi agen properti?

Bisakah anda meraih keuntungan dengan memposisikan diri di antara pemilik dan pembeli? Jawab: BISA
1) tanpa punya pengalaman apapun di bidang properti
2) tanpa modal
3) tetap di pekerjaan atau bisnis anda sekarang
4) tetap tinggal di kota anda

Untuk info dan daftar GRATIS, klik: http://tinyurl.com/ppamr9b

===

Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog