Skip to main content

Lebaran Menurut Sunnah yang Shahih: Al-Udhhiyah (Kurban)

Lebaran Menurut Sunnah yang Shahih

Bab V

Al-Udh-hiyah (Kurban)

Kurban disyari'atkan pada hari raya Adh-ha dan hari-hari Tasyriq. Kurban adalah ibadah agung yang menampakkan sifat penghambaan yang ikhlas karena Allah, karena seorang muslim mendekatkan diri kepada Allah dengan menumpahkan darah binatang ternak secara syari'at.

Pembahasan Pertama

Definisi dan Sebab Penamaannya

Al-Udh-hiyah Secara Bahasa

Al-Udh-hiyah, didhamahkan huruf hamzahnya dan dikasrahkan serta tidak ditasydid huruf ya'nya dan ditasydid. Bentuk jamaknya adalah adhaahi (أَضَاحِيْ) dan adhaahiyy (أَضَاحِيّ). Juga bisa dikatakan dhahiyah (ضَحِيَة) dengan difat-hahkan huruf dhadnya dan dikasrahkan, bentuk jama'nya adalah dhahaaya (ضَحَايَا). Juga boleh dikatakan adh-haah (أَضْحَاة) dengan difat-hahkan huruf hamzahnya dan dikasrahkan dan bentuk jamaknya adalah adh-haa (أَضْحَى) dengan ditanwinkan seperti arthaa (أَرْطَى) jamak dari arthaah (أَرْطَاة). (1)

Al-Udh-hiyah Secara Istilah

Udh-hiyah adalah binatang ternak yang disembelih di hari raya kurban sampai akhir hari Tasyriq untuk mendekatkan diri kepada Allah Ta'ala.

Sebab Penamaannya

Ada yang mengatakan, kata ini diambil dari kata (الضَحْوَة); dinamakan demikian karena dilakukan di awal waktu pelaksanaannya, yaitu waktu Dhuha dan dengan sebab ini hari tersebut dinamakan hari raya al-Adh-ha. (2)

Bersambung...

===

(1) Lisaanul 'Arab, maddah Dhahaa 14/477 dan al-Mu'jamul Wasiith maddah Dhahaah 1/537.

(2) Shahiih Muslim bi Syarh an-Nawawi 13/109, dan Fat-hul Baari 10/3, dan Nihaayatul Muhtaaj 3/133.

===

Maraji'/ sumber:
Kitab: Ahkaamul 'Iidain wa 'Asyri Dzil Hijjah, Penulis: Dr. 'Abdullah bin Muhammad bin Ahmad ath-Thayyar, Penerbit: Darul 'Ashimah, Cetakan I, 1413 H/ 1992 M, Judul terjemahan: Lebaran Menurut Sunnah yang Shahih, Penerjemah: Kholid Syamhudi Lc, Penerbit: Pustaka Ibnu Katsir, Bogor - Indonesia, Cetakan I, Rajab 1426 H/ Agustus 2005 M.

===

Layanan GRATIS Konsultasi, Estimasi Biaya, dan Survei Lokasi: Rangka Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
Telp/ SMS/ WA: 085778018878, BB: 269C8299
http://www.bajaringantangerang.com

===

As-Salamu 'alaikum pembaca setia baitulkahfitangerang.blogspot.com, siapa tau anda - atau ada temen yang tertarik dengan properti Bali di bawah ini:

Tanah keren yang sangat cocok untuk bangun kompleks villa. Terletak di jalan utama di Canggu, hanya 2km ke Canggu dan Echo Beach - dua diantara pantai untuk surfing yang poluler di Bali. Luas tanah 2950m2, lebar depan 37m.

Untuk melihat foto dan informasi, klik www.balikey.com/p/1502/aa5420

===

Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog