Skip to main content

Shahih Tafsir Ibnu Katsir: Surat al-Faatihah (7/3)

Shahih Tafsir Ibnu Katsir

Surat al-Faatihah (7/3)

Dalam kitab sirah, diriwayatkan dari Zaid bin 'Amr bin Nufail bahwa ketika ia keluar bersama serombongan rekan-rekannya ke negeri Syam untuk mencari agama yang benar, orang-orang yahudi berkata kepada mereka: "Kalian tidak akan bisa masuk ke dalam agama kami sehingga kalian mengambil bagian kalian berupa kemarahan Allah."

Zaid berkata: "Justru kami ingin lari dari kemarahan Allah."

Orang-orang nashrani berkata kepadanya: "Kalian tidak akan bisa masuk ke dalam agama kami sehingga kalian mengambil bagian kalian berupa kemurkaan Allah."

Zaid berkata: "Aku tidak sanggup." Maka ia pun tetap berada di atas fitrahnya, ia menjauhi penyembahan berhala dan agama kaum musyrikin. Ia tidak masuk ke dalam agama yahudi maupun agama nashrani. Adapun rekan-rekannya masuk agama nashrani dan menjadi penganutnya. Karena mereka mendapati agama nashrani lebih dekat kepada kebenaran daripada agama yahudi ketika itu. Di antara mereka adalah Waraqah bin Naufal, hingga akhirnya Allah memberinya hidayah mengikuti Nabi-Nya shallallaahu 'alaihi wa sallam ketika Allah mengutusnya. Ia beriman kepada wahyu yang sampai kepadanya.

Kandungan Surat al-Faatihah

(Pasal) Surat yang mulia yang terdiri dari tujuh ayat ini mengandung pujian, pemuliaan, dan sanjungan bagi Allah Sub-haanahu wa Ta'aala dengan menyebut Nama-nama-Nya yang Husna (baik) dan sifat-sifat-Nya yang 'Ulya (tinggi). Juga mencakup tempat kembali manusia, yaitu hari Pembalasan. Selain itu, di dalamnya berisi bimbingan kepada hamba-hamba-Nya agar mereka memohon dan tunduk kepada-Nya, serta melepaskan upaya dan kekuatan diri mereka untuk selanjutnya dengan tulus ikhlas mengabdi kepada-Nya, mengesakan-Nya dan menyucikan-Nya dari sekutu atau tandingan. Juga berisi bimbingan agar mereka memohon petunjuk kepada-Nya menuju jalan yang lurus, yaitu agama yang benar serta menetapkan mereka di atas jalan tersebut. Sehingga ditetapkan bagi mereka untuk dapat menyeberangi jalan yang nyata pada hari Kiamat kelak menuju Surga yang penuh dengan kenikmatan, di sisi para Nabi, shiddiiqiin, syuhadaa' dan orang-orang shalih.

Surat ini juga mengandung targhib (anjuran) untuk mengerjakan amal shalih agar mereka dapat bergabung dengan orang-orang yang beramal shalih pada hari Kiamat kelak. Serta memperingatkan agar mereka tidak menempuh jalan kebathilan, agar mereka tidak digiring bersama orang-orang yang menempuh jalan tersebut pada hari Kiamat, yaitu mereka yang dimurkai dan tersesat.

Menyandarkan Nikmat Kepada Allah dan Tidak Menyandarkan Penyesatan Kepada-Nya Serta Bantahan Terhadap Qadariyyah

Betapa bagusnya penyandaran nikmat kepada Allah dalam firman-Nya: "Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka," dan penghapusan fa'il (pelaku) pada kata murka dalam firman-Nya: "Bukan jalan orang-orang yang mendapat murka," meskipun dalam hal ini fa'il yang sebenarnya adalah Allah, sebagaimana Dia berfirman:

"Tidaklah kamu perhatikan orang-orang yang menjadikan suatu kaum yang dimurkai Allah sebagai teman." (QS. Al-Mujaadilah: 14)

Bersambung...

===

Maraji'/ sumber:
Kitab: al-Mishbaahul Muniiru fii Tahdziibi Tafsiiri Ibnu Katsiir, Penyusun: Tim Ahli Tafsir di bawah pengawasan Syaikh Shafiyyurrahman al-Mubarakfuri, Penerbit: Daarus Salaam lin Nasyr wat Tauzi', Riyadh - Kerajaan Saudi Arabia, Cetakan terbaru yang telah direvisi dan disempurnakan, April 2000 M/ Muharram 1421 H, Judul terjemahan: Shahih Tafsir Ibnu Katsir Jilid 1, Penerjemah: Abu Ihsan al-Atsari, Penerbit: Pustaka Ibnu Katsir, Jakarta - Indonesia, Jumadal Awwal 1436 H/ Maret 2015 M.

===

Layanan GRATIS Konsultasi, Estimasi Biaya, dan Survei Lokasi: Rangka Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
Telp/ SMS/ WA: 085778018878, BB: 269C8299
http://www.bajaringantangerang.com

===

As-Salamu 'alaikum pembaca setia baitulkahfitangerang.blogspot.com, siapa tau anda - atau ada temen yang tertarik dengan properti Bali di bawah ini:

Tanah bagus di jalan utama, sangat dekat dengan Central Parker dan Bali Bakery. Luas 1475m2, lebar depan 12.6m.

Untuk melihat denah dan informasi, www.balikey.com/p/1406/aa5420

===

Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog