Skip to main content

Menguak Misteri Khidir Dalam Pandangan Sunnah: Pengantar

Menguak Misteri Khidir Dalam Pandangan Sunnah

Pengantar

Buku yang ada di hadapan kita sekarang ini merupakan salah satu risalah terpenting dari beberapa karangan Imam al-Hafizh Ibnu Hajar al-Asqalani rahimahullaah. Dalam buku ini, beliau membahas masalah akidah yang amat penting, yakni bahwa setiap makhluk di muka bumi ini pasti akan binasa atau menjumpai kematian, dan hanya Allah-lah yang kekal abadi selamanya.

Ibnu Hajar hidup pada masa ketika rumor mengenai Khidir menjadi buah bibir hampir setiap orang. Di antara rumor tersebut mengatakan bahwa Khidir masih hidup, Khidir berumur panjang, dapat menemui mereka, menjumpai dan bercerita kepada mereka, mengajari ilmu kepada mereka, dan seterusnya.

Imam Ibnu Hajar bermaksud mengungkap kebenaran tentang masalah ini, sambil menegaskan bahwa setiap makhluk yang ada di muka bumi ini pasti akan musnah dan akan menjumpai kematiannya, karena Allah tidak menetapkan sifat kekekalan pada Bani Adam, sekalipun dia manusia terbaik yang pernah ada di muka bumi ini, semisal Nabi Muhammad shallallaahu 'alaihi wa sallam. Masalah hidupnya Khidir ini merupakan salah satu perkara yang masih menjadi keyakinan orang-orang awam dan kaum sufi. Mereka meyakini Khidir masih hidup, dan dapat datang kepada seseorang dalam berbagai kesempatan.

Untuk itulah Imam Ibnu Hajar rahimahullaah mengumpulkan dalil-dalil yang dipercaya dapat membuktikan tentang kehidupan Khidir. Lalu, beliau mengkritik dalil-dalil tersebut. Sebenarnya dalil-dalil yang dijadikan dasar oleh mereka tidak pantas dijadikan bukti otentik. Beliau menjelaskan bahwa kebanyakan dalil mengenai perkara ini merupakan hadits-hadits marfu (1) yang lemah. Sebagian lainnya hanyalah hadits mauquf (2) dan hadits mursal (3) yang juga dha'if (lemah), dan tentu saja tidak dapat dibenarkan sama sekali. Atau sekalipun ada hadits yang shahih, tapi sanadnya (rangkaian para perawi) tidak dapat dipercaya.

Saudaraku sesama muslim, dari sini kita dapat melihat bahwa buku ini sangat penting untuk dibaca, terlebih lagi karena ditulis oleh seorang 'ulama Salaf yang tidak diragukan lagi kemampuannya dalam berbagai pengetahuan agama, yang terpancar melalui perkataan dan hikmah.

Bersambung...

===

Maraji'/ sumber:
Kitab: Menguak Misteri Khidir Dalam Pandangan Sunnah, Penulis: Ibnu Hajar al-Asqalani, Penerjemah: H.M. Nasri, Lc, Penerbit: IIMaN dan Hikmah, Jakarta - Indonesia, Cetakan I, Januari 2003 M/ Dzulqa'adah 1423 H.

===

Layanan GRATIS Konsultasi, Estimasi Biaya, dan Survei Lokasi: Rangka Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
Telp/ SMS/ WA: 085778018878, BB: 269C8299
http://www.bajaringantangerang.com

===

As-Salamu 'alaikum pembaca setia baitulkahfitangerang.blogspot.com, bisakah anda menjadi agen properti?

Bisakah anda meraih keuntungan dengan memposisikan diri diantara pemilik dan pembeli? Jawab: BISA
1) tanpa punya pengalaman apapun dibidang properti
2) tanpa modal
3) tetap di pekerjaan atau bisnis anda sekarang
4) tetap tinggal dikota anda

Untuk info dan daftar GRATIS, klik: http://tinyurl.com/ppamr9b

===

Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog