Skip to main content

Menguak Misteri Khidir Dalam Pandangan Sunnah: Pengantar (2)

Menguak Misteri Khidir Dalam Pandangan Sunnah

Pengantar (2)

Tentang Penulis

1. Asal-usul

Beliau adalah Ahmad bin 'Ali bin Muhammad bin 'Ali bin Ahmad al-Kannani, al-Asqalani, Syaikh al-Islam dan Imam yang hafizh (istilah untuk para penghafal al-Qur-an) di zamannya. Beliau juga dijuluki sebagai Abu al-Fadhl, dan dikenal sebagai Ibnu Hajar. Mengenai hal ini as-Sakhawi berpendapat bahwa, julukan tersebut telah dipakai oleh para leluhurnya. Sedang Ibnu al-Imad mengatakan bahwa, julukan tersebut dinisbahkan kepada keluarga al-Hajar.

2. Riwayat Hidup

Beliau dilahirkan di Mesir pada tahun 773 H. Ayahnya meninggal di saat Ibnu Hajar masih kecil pada bulan Rajab tahun 779 H.

Dengan demikian, beliau hidup dalam keadaan yatim. Sejak kecil beliau telah mulai belajar menghafal al-Qur-an. Beliau juga terkenal cepat menghafal. Ketika umurnya baru mencapai sembilan tahun beliau telah hafal al-Qur-an. Hal itu tercapai berkat bimbingan Syaikh Sadru ad-Din ash-Shufti.

Mengenai riwayatnya, al-Hafizh as-Suyuti menuturkan bahwa awal mula pelajarannya dilalui dengan mempelajari materi Adab (sastra) dan sya'ir Arab, sehingga beliau sangat ahli dalam bahasa. Kemudian beliau menuntut ilmu hadits dengan mengikuti berbagai halaqah pada tahun 794 H. Lalu beliau pergi menemui Syaikh al-Hafizh Abu al-Fadhl al-Iraqi dan menemaninya. Beliau menguasai dengan baik ilmu hadits, dan mengalami cukup kemajuan dalam berbagai bidang keilmuan lainnya.

Setelah mencapai masa dewasa, beliau berguru kepada Syamsu bin al-Qattan, salah seorang gurunya dalam bidang fiqih dan bahasa Arab. Beliau juga berguru ilmu fiqih kepada al-Ibnasy, al-Balyaquni dan Ibnu al-Mulqan.

3. Perjalanan Keilmuan

Imam Hafizh Ibnu Hajar menjelajahi negeri Syam, Mesir dan Hijaz. Beliau pergi ke Makkah, Damaskus, Yaman dan Iskandariyah, juga ke Qaus pada tahun 793 H. Selain itu, beliau juga menjelajahi beberapa pelosok negeri Mesir. Beliau mencari ilmu dan mengikuti pengajaran yang disampaikan oleh para 'ulama Makkah, Madinah, Baitul Muqaddas, Nablus, dan Giza.

Bersambung...

===

Maraji'/ sumber:
Kitab: Menguak Misteri Khidir Dalam Pandangan Sunnah, Penulis: Ibnu Hajar al-Asqalani, Penerjemah: H.M. Nasri, Lc, Penerbit: IIMaN dan Hikmah, Jakarta - Indonesia, Cetakan I, Januari 2003 M/ Dzulqa'adah 1423 H.

===

Layanan GRATIS Konsultasi, Estimasi Biaya, dan Survei Lokasi: Rangka Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
Telp/ SMS/ WA: 085778018878, BB: 269C8299
http://www.bajaringantangerang.com

===

As-Salamu 'alaikum pembaca setia baitulkahfitangerang.blogspot.com, bisakah anda menjadi agen properti?

Bisakah anda meraih keuntungan dengan memposisikan diri diantara pemilik dan pembeli? Jawab: BISA
1) tanpa punya pengalaman apapun dibidang properti
2) tanpa modal
3) tetap di pekerjaan atau bisnis anda sekarang
4) tetap tinggal dikota anda

Untuk info dan daftar GRATIS, klik: http://tinyurl.com/ppamr9b

===

Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog