Skip to main content

Lebaran Menurut Sunnah yang Shahih: Hari Raya yang Kami Inginkan

Lebaran Menurut Sunnah yang Shahih

Penutup

Hari Raya yang Kami Inginkan

Hari raya adalah hari senang dan bahagia bagi orang yang hatinya baik, niatnya ikhlas kepada Allah, pikirannya bersih dan pergaulannya terhadap makhluk baik sehingga bergaul kepada mereka sebagaimana ia ingin mereka memperlakukannya.

Hari raya adalah hari memaafkan dan berbuat kebaikan, memaafkan orang yang menyakitinya dan membalas kejelekan dengan kebaikan.

Hari raya adalah hari pembagian pemberian hadiah bagi yang menang, namun kemenangan ini punya rasa dan kelezatan tersendiri, karena kemenangan tersebut dengan ketaatan dan bersegera dalam beramal shalih.

Sungguh hari raya yang berbahagia hanya untuk orang yang shalat, puasa, berbakti kepada kedua orang tua dan melaksanakan hak kewajibannya dengan sempurna.

Hari raya yang bahagia hanya untuk orang-orang yang taat, jujur, bertasbih, bertahlil dan banyak berdzikir kepada Allah.

Tidak ada hari raya yang bahagia bagi orang yang lupa diri dengan syahwatnya, tinggi nama dan besar martabat serta jabatannya. Tidak, demi Allah!! Tidak ada hari raya bagi orang yang durhaka kepada kedua orang tuanya dan tidak juga bagi orang yang hasad kepada orang lain atau menyakiti atau mengganggu diri dan harta serta kehormatan orang lain.

Kita berharap hari raya berlalu pada ummat Islam dalam keadaan menuju kejayaannya dan kepemimpinan dunia sebagaimana pada zaman terdahulu.

Kita berharap hari raya berlalu dalam keadaan hati dipenuhi iman dan jiwa tenteram melaksanakan ketaatan kepada Allah. Dan tokoh-tokoh yang tawadhu' yang memegang kendali pengarah dalam seluruh sisi kehidupan.

Kita berharap hari raya berlalu dalam keadaan tangan orang kaya menjulur kepada tangan orang fakir dan memberinya sehingga meringankan luka dan sakitnya agar sang fakir tersebut dapat merasakan kelezatan dan kebahagiaan hari raya.

Kita berharap hari raya berlalu dalam keadaan hati orang-orang bersatu dan usaha tolong menolong dan kerja sama menjadi syi'ar masyarakat muslim berwujud satu tubuh, apabila satu anggotanya sakit maka tubuh tersebut merasa tertimpa demam dan tidak bisa tidur.

Kita berharap hari raya datang kembali kepada ummat Islam dan luka dalam ummat ini sembuh, harapannya terwujud, sakitnya hilang, musuhnya terhinakan, kepalanya terangkat, suaranya didengar dan pendapatnya diikuti (dunia).

Kita berharap hari raya datang kembali dan syari'at Islam digunakan di seluruh negara, baik orang petinggi atau bawahannya dalam seluruh sisi kehidupannya. Ketika itulah terwujud kebaikan yang sempurna kepada ummat Islam ini dan mereka merasakan kebahagiaan yang hakiki serta mendapatkan kebahagiaan dan gelora hari raya.

Benarlah ucapan seorang penya'ir:

Tidak ada hari raya kecuali kita kembali ke agama
Sampai tanah suci kita yang hilang kembali

Tidak ada hari raya kecuali kita menjadi ummat yang
Menjadikan Muhammad sebagai satu-satunya panutan

Tidak ada hari raya kecuali kita mempersiapkan diri kita
Untuk berperang sampai mendapat kemuliaan

Tidak ada hari raya kecuali hati-hati kita menghadapi
Musuh seakan-akan seperti sebuah batu karang. (1)

Bersambung...

===

(1) Munkaraat al-Afraah hal. 67 karya Mahmud Mahdi Istambuli.

===

Maraji'/ sumber:
Kitab: Ahkaamul 'Iidain wa 'Asyri Dzil Hijjah, Penulis: Dr. 'Abdullah bin Muhammad bin Ahmad ath-Thayyar, Penerbit: Darul 'Ashimah, Cetakan I, 1413 H/ 1992 M, Judul terjemahan: Lebaran Menurut Sunnah yang Shahih, Penerjemah: Kholid Syamhudi Lc, Penerbit: Pustaka Ibnu Katsir, Bogor - Indonesia, Cetakan I, Rajab 1426 H/ Agustus 2005 M.

===

Layanan GRATIS Konsultasi, Estimasi Biaya, dan Survei Lokasi: Rangka Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
Telp/ SMS/ WA: 085778018878, BB: 269C8299
http://www.bajaringantangerang.com

===

As-Salamu 'alaikum pembaca setia baitulkahfitangerang.blogspot.com, bisakah anda menjadi agen properti?

Bisakah anda meraih keuntungan dengan memposisikan diri diantara pemilik dan pembeli? Jawab: BISA
1) tanpa punya pengalaman apapun dibidang properti
2) tanpa modal
3) tetap di pekerjaan atau bisnis anda sekarang
4) tetap tinggal dikota anda

Untuk info dan daftar GRATIS, klik: http://tinyurl.com/ppamr9b

===

Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog