Skip to main content

Kajian Ramadhan: Taubat (2)

Kajian Kedua Puluh Sembilan

Kajian Ramadhan

Taubat (2)

Allah Sub-haanahu wa Ta'aala berfirman:

"Dan hendaklah kamu meminta ampun kepada Tuhanmu dan bertaubat kepada-Nya. (Jika kamu, mengerjakan yang demikian), niscay Dia akan memberi kenikmatan yang baik (terus menerus) kepadamu sampai kepada waktu yang telah ditentukan dan Dia akan memberi kepada tiap-tiap orang yang mempunyai keutamaan (balasan) keutamaannya. Jika kamu berpaling, maka sesungguhnya aku takut kamu akan ditimpa siksa hari Kiamat." (QS. Hud (11): 3)

"Katakanlah: 'Bahwasanya aku hanyalah seorang manusia seperti kamu, diwahyukan kepadaku bahwasanya Tuhan kamu adalah Tuhan Yang Maha Esa, maka tetaplah pada jalan yang lurus menuju kepada-Nya dan mohonlah ampun kepada-Nya." (QS. Fushshilat (41): 6)

"Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung." (QS. An-Nur (24): 31)

"Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubat yang semurni-murninya, mudah-mudahan Tuhan kamu akan menghapus kesalahan-kesalahanmu dan memasukkan kamu ke dalam Surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai." (QS. At-Tahrim (66): 8)

Juga firman Allah Sub-haanahu wa Ta'aala:

"Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang taubat dan menyukai orang-orang yang menyucikan diri." (QS. Al-Baqarah (2): 222)

Ayat-ayat lain yang menyebutkan tentang taubat masih banyak sekali.

Sedangkan hadits-hadits yang membicarakan taubat, di antaranya adalah:

Dari al-Aghar bin Yasar al-Muzani diriwayatkan bahwa ia berkata: Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam bersabda:

"Wahai sekalian manusia, bertaubatlah kepada Allah dan mohonlah ampunan kepada-Nya, karena sesungguhnya aku bertaubat dalam sehari seratus kali." (HR. Muslim)

Dari Abu Hurairah ra-dhiyallaahu 'anhu diriwayatkan bahwa ia berkata: "Aku pernah mendengar Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam bersabda:

'Sesungguhnya aku memohon ampun dan bertaubat kepada Allah dalam sehari lebih dari seratus kali." (HR. Al-Bukhari)

Diriwayatkan dari Anas bin Malik ra-dhiyallaahu 'anhu bahwa ia berkata: Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam bersabda:

"Allah sungguh jauh lebih senang dengan taubat seorang hamba-Nya ketika ia bertaubat kepada-Nya daripada senangnya salah seorang di antara kalian yang sedang berada di atas hewan tunggangannya di sebuah padang sahara, lalu hewan tunggangannya itu terlepas darinya, padahal makanan dan minumannya ada di atas hewan tunggangannya, turut terbawa lari sehingga ia pun sudah putus asa. Lalu ia mendatangi sebuah pohon dan berbaring di bawah lindungan pohon itu, sementara itu ia sudah putus harapan dari mendapatkan kembali hewan tunggangannya. Pada saat ia dalam keadaan demikian, (kemudian terjaga dari tidurnya) tiba-tiba hewan tunggangannya itu ternyata berada di sisinya, lalu ia segera mengambil kendalinya, dan karena kegirangan ia berkata: 'Ya Allah, Engkau hambaku dan aku tuhanmu.' Ia sampai salah ucap disebabkan karena kegembiraannya (mendapatkan kembali hewan tunggangannya)." (HR. Muslim)

Bersambung...

===

Maraji'/ sumber:
Kitab: Majaalisu Syahru Ramadhaan, Penulis: Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin rahimahullaah, Penerbit: Daruts Tsurayya lin Nasyr - Riyadh, Cetakan I, 1422 H/ 2002 M, Judul terjemahan: Kajian Ramadhan, Penerjemah: Salafuddin Abu Sayyid, Penerbit: al-Qowam - Solo, Cetakan V, 2012 M.

===

Layanan GRATIS Konsultasi, Estimasi Biaya, dan Survei Lokasi: Rangka Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
Telp/ SMS/ WA: 085778018878, BB: 269C8299
http://www.bajaringantangerang.com

===

As-Salamu 'alaikum pembaca setia baitulkahfitangerang.blogspot.com, siapa tau anda - atau ada temen yang tertarik dengan properti Bali di bawah ini:

Tanah kerennnn di Klungkung, Bali - nyaman dan cepat berkendaraan lewat Bypass Ida Bagus Mantra, kira2 20km dari Sanur. Dengan luas tanah 26,890m2, asri dan tenang disini, sangat cocok untuk komplex villa atau perumahan.

Pemilik sangat berniat menjual cepat, action sekarang!

Untuk denah dan info, klik: www.balikey.com/p/1510/aa5420

===

Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog