Skip to main content

Shahih Tafsir Ibnu Katsir: Surat al-Baqarah (0/5)

Shahih Tafsir Ibnu Katsir

Surat al-Baqarah (0/5)

Surat al-Baqarah adalah surat Madaniyyah tanpa ada perselisihan

(Pasal) Tidak diperselisihkan lagi bahwa semua ayat dalam surat al-Baqarah turun di Madinah. Surat ini termasuk surat yang pertama kali turun di Madinah. Hanya saja ada yang berpendapat bahwa firman Allah: "Dan peliharalah dirimu dari (adzab yang terjadi pada) hari yang pada waktu itu kamu semua dikembalikan kepada Allah." (QS. Al-Baqarah: 281), adalah ayat yang terakhir kali turun. Kemungkinan memang ayat ini termasuk ayat yang terakhir diturunkan. Demikian pula ayat riba termasuk ayat yang terakhir diturunkan.

Khalid bin Ma'dan menamakan surat al-Baqarah dengan sebutan Fusthaathul Qur-aan (tendanya al-Qur-an).

Sebagian 'ulama menyatakan bahwa surat al-Baqarah mengandung seribu kabar berita, seribu perintah dan seribu larangan.

Orang-orang yang menghitungnya mengatakan bahwa surat al-Baqarah ini terdiri dari 287 ayat, 6221 kata dan 25.000 huruf. Wallaahu a'lam.

Ibnu Juraij meriwayatkan dari 'Atha', dari Ibnu 'Abbas, ia berkata: "Surat al-Baqarah turun di Madinah." (15)

Khashif meriwayatkan dari Mujahid, dari 'Abdullah bin Jubair, ia berkata: "Surat al-Baqarah turun di Madinah." (16)

Hal yang sama dikatakan oleh lebih dari satu orang imam, ulama, dan ahli tafsir. Tidak ada perbedaan pendapat dalam hal ini.

Ibnu Mardawaih meriwayatkan dari hadits Syu'bah dari 'Uqail bin Thalhah dari 'Utbah bin Martsad bahwa ketika Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam melihat kelambanan para Shahabat beliau, beliau bersabda: "Hai orang-orang yang suka membaca surat al-Baqarah." Aku rasa ini terjadi pada peperangan Hunain pada saat musim muslimin lari ke belakang. Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam memerintahkan al-'Abbas ra-dhiyallaahu 'anhu untuk meneriakkan: "Hai orang-orang yang berbai'at di bawah pohon!" Yaitu orang-orang yang ikut serta dalam bai'at Ridhwan. Dalam riwayat lain: "Hai orang-orang yang suka membaca surat al-Baqarah." Yaitu untuk memotivasi mereka. Sehingga mereka berdatangan dari segala penjuru. Demikian pula pada peperangan Yamamah ketika menghadapi tentara Musailamah al-Kadzdzab. Para Shahabat ra-dhiyallaahu 'anhum lari berhamburan ketika melihat banyaknya pasukan Bani Hanifah. Maka kaum Muhajirin dan Anshar berseru: "Hai orang-orang yang membaca surat al-Baqarah." Hingga akhirnya Allah memberi mereka kemenangan, semoga Allah meridhai mereka semua." (17)

Bersambung...

===

(15) Ad-Durrul Mantsuur 1/47.

(16) Ad-Durrul Mantsuur 1/47.

(17) Al-Majma' 6/180.

===

Maraji'/ sumber:
Kitab: al-Mishbaahul Muniiru fii Tahdziibi Tafsiiri Ibnu Katsiir, Penyusun: Tim Ahli Tafsir di bawah pengawasan Syaikh Shafiyyurrahman al-Mubarakfuri, Penerbit: Daarus Salaam lin Nasyr wat Tauzi', Riyadh - Kerajaan Saudi Arabia, Cetakan terbaru yang telah direvisi dan disempurnakan, April 2000 M/ Muharram 1421 H, Judul terjemahan: Shahih Tafsir Ibnu Katsir Jilid 1, Penerjemah: Abu Ihsan al-Atsari, Penerbit: Pustaka Ibnu Katsir, Jakarta - Indonesia, Jumadal Awwal 1436 H/ Maret 2015 M.

===

Layanan GRATIS Konsultasi, Estimasi Biaya, dan Survei Lokasi: Rangka Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
Telp/ SMS/ WA: 085778018878, BB: 269C8299
http://www.bajaringantangerang.com

===

As-Salamu 'alaikum pembaca setia baitulkahfitangerang.blogspot.com, bisakah anda menjadi agen properti?

Bisakah anda meraih keuntungan dengan memposisikan diri di antara pemilik dan pembeli? Jawab: BISA
1) tanpa punya pengalaman apapun di bidang properti
2) tanpa modal
3) tetap di pekerjaan atau bisnis anda sekarang
4) tetap tinggal di kota anda

Untuk info dan daftar GRATIS, klik: http://tinyurl.com/ppamr9b

===

Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog