Skip to main content

Menguak Misteri Khidir Dalam Pandangan Sunnah: Pengantar (5)

Menguak Misteri Khidir Dalam Pandangan Sunnah

Pengantar (5)

Metode Tahqiq (Revisi)

1. Nash (teks) yang berupa perkataan, hikayat dan lainnya yang disebutkan dalam kitab ini aku rujuk kembali pada sumber-sumber pertamanya (aslinya), seperti kitab al-Bidayah wa al-Nihayah, al-Hilyah dan lainnya.

2. Memberikan keterangan periwayatan hadits-hadits Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam yang disebutkan, meskipun sedikit. Aku juga memberikan keterangan tentang ayat-ayat al-Qur-an yang dikutip.

3. Memberikan biografi singkat beberapa orang yang disebutkan dalam sanad, agar kita dapat melihat dengan jelas tentang posisi mereka dalam tingkatan orang-orang yang layak dipercaya. Aku juga memberikan biografi singkat pada orang yang disebutkan mengatakan sesuatu berkaitan dengan tema-tema tertentu.

4. Memperhatikan beberapa perbedaan lafazh (redaksi) asli yang berasal dari sumber-sumber asli, yang juga meriwayatkan cerita dan hikayat yang sama.

5. Menyiapkan biografi tentang penulis kitab ini, dan menambahkan akan keseriusan dan usahanya dalam melayani kepentingan pengetahuan dan keilmuan.

6. Aku juga menulis pengantar yang dapat memberikan gambaran utuh mengenai kitab yang engkau pegang sekarang ini. Selain itu aku juga menambahkan beberapa perkataan 'ulama yang relevan dengan masalah yang dibahas kitab ini.

Alhamdulillah, akhirnya usaha ini dapat diselesaikan dengan pertolongan Allah, sehingga aku diberi kekuatan untuk merampungkannya, sesuai dengan teks asli yang diterbitkan Dar ath-Thiba'ah al-Muniriyah. Sebenarnya teks asli itu sendiri merupakan kumpulan dari beberapa risalah penting. Dan risalah karya Ibnu Hajar ini aku dapatkan di halaman 195-234 pada juz 1.

Segala puji bagi Allah,
Majdi Fathi as-Sayyid Ibrahim
Thanta, 2 Rajab 1407 H.
2/2/1987 M.

Bersambung...

===

Maraji'/ sumber:
Kitab: Menguak Misteri Khidir Dalam Pandangan Sunnah, Penulis: Ibnu Hajar al-Asqalani, Penerjemah: H.M. Nasri, Lc, Penerbit: IIMaN dan Hikmah, Jakarta - Indonesia, Cetakan I, Januari 2003 M/ Dzulqa'adah 1423 H.

===

Layanan GRATIS Konsultasi, Estimasi Biaya, dan Survei Lokasi: Rangka Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
Telp/ SMS/ WA: 085778018878, BB: 269C8299
http://www.bajaringantangerang.com

===

As-Salamu 'alaikum pembaca setia baitulkahfitangerang.blogspot.com, bisakah anda menjadi agen properti?

Bisakah anda meraih keuntungan dengan memposisikan diri diantara pemilik dan pembeli? Jawab: BISA
1) tanpa punya pengalaman apapun dibidang properti
2) tanpa modal
3) tetap di pekerjaan atau bisnis anda sekarang
4) tetap tinggal dikota anda

Untuk info dan daftar GRATIS, klik: http://tinyurl.com/ppamr9b

===

Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog