Skip to main content

Kajian Ramadhan: Penutup Bulan (5)

Kajian Ketiga Puluh

Kajian Ramadhan

Penutup Bulan (5)

Dalam Shahihain disebutkan diriwayatkan hadits dari 'Aisyah ra-dhiyallaahu 'anhuma bahwa ia berkata:

"Aku tidak pernah melihat Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam menyempurnakan puasa sebulan penuh kecuali di bulan Ramadhan. Dan aku tidak pernah melihat beliau shallallaahu 'alaihi wa sallam berada di suatu bulan yang lebih banyak menjalankan puasanya melebihi pada bulan Sya'ban."

Dalam lafal yang lain disebutkan:

"Beliau shallallaahu 'alaihi wa sallam banyak menjalankan puasa pada bulan itu, dan jarang sekali beliau tidak berpuasa."

Diriwayatkan dari 'Aisyah ra-dhiyallaahu 'anhuma bahwa ia berkata:

"Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam selalu berupaya menjalankan puasa Senin dan Kamis."

Hadits di atas diriwayatkan oleh lima Imam hadits, kecuali Abu Dawud. Namun lafal mirip dengan ini juga diriwayatkan oleh Abu Dawud dalam hadits yang berasal dari Usamah bin Zaid ra-dhiyallaahu 'anhu.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra-dhiyallaahu 'anhu bahwa Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam bersabda:

"Amal perbuatan itu diperlihatkan pada hari Senin dan Kamis, dan aku ingin bila amalanku ketika aku sedang melaksanakan puasa." (HR. At-Tirmidzi) (64)

Jika amalan shalat malam atau shalat tarawih di malam Ramadhan telah berlalu, maka ketahuilah bahwa shalat malam masih terus disyari'atkan pada setiap malam sepanjang tahun. Ini didasarkan pada amalan Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam. Di samping itu didasarkan pada sabda Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam sebagaimana yang disebutkan dalam Shahih al-Bukhari dari Shahabat Mughirah bin Syu'bah ra-dhiyallaahu 'anhu bahwa ia berkata: "Sesungguhnya Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam biasa berdiri mengerjakan shalat hingga bengkak kedua telapak kaki beliau." Ketika ditanya mengenai hal itu, beliau shallallaahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Tidakkah selayaknya aku menjadi hamba yang pandai bersyukur."

Diriwayatkan dari 'Abdullah bin Salam ra-dhiyallaahu 'anhu bahwa Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam bersabda:

"Wahai manusia, sebarkanlah salam, berikanlah makanan, sambunglah kekerabatan, dan tunaikanlah shalat di waktu malam ketika orang-orang sedang tidur, maka kalian akan masuk Surga dengan kedamaian." (HR. At-Tirmidzi, ia mengatakan sebagai hadits hasan shahih) (65)

Dalam Shahih Muslim disebutkan hadits dari Abu Hurairah ra-dhiyallaahu 'anhu bahwa Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam bersabda:

"Shalat paling utama sesudah shalat fardhu adalah shalat malam."

Yang dinamakan shalat malam itu meliputi seluruh bentuk shalat sunnah dan shalat witir. Lebih lanjut mengenai shalat malam ini bisa dilihat pada bagian kajian keempat di depan.

Dalam Shahihain disebutkan hadits dari Abu Hurairah ra-dhiyallaahu 'anhu bahwa Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam bersabda:

"Rabb kita Yang Mahasuci dan Mahatinggi turun setiap malam menuju langit dunia ketika waktu sepertiga akhir malam itu tiba. Allah kemudian berfirman: 'Siapa yang berdo'a kepada-Ku akan Aku kabulkan, siapa yang meminta kepada-Ku akan Aku beri, dan siapa yang memohon ampun kepada-Ku akan Aku beri ampunan.'"

Bersambung...

===

(64) Dha'if. Akan tetapi ia mempunyai syahid (hadits penguat) yang menguatkannya. Dalam Shahih Muslim disebutkan bahwa amal perbuatan itu ditampakkan setiap hari Senin dan Kamis.

(65) Diriwayatkan juga oleh Imam Ahmad yang mempunyai banyak syahid yang mengangkatnya kepada derajat shahih.

===

Maraji'/ sumber:
Kitab: Majaalisu Syahru Ramadhaan, Penulis: Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin rahimahullaah, Penerbit: Daruts Tsurayya lin Nasyr - Riyadh, Cetakan I, 1422 H/ 2002 M, Judul terjemahan: Kajian Ramadhan, Penerjemah: Salafuddin Abu Sayyid, Penerbit: al-Qowam - Solo, Cetakan V, 2012 M.

===

Layanan GRATIS Konsultasi, Estimasi Biaya, dan Survei Lokasi: Rangka Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
Telp/ SMS/ WA: 085778018878, BB: 269C8299
http://www.bajaringantangerang.com

===

As-Salamu 'alaikum pembaca setia baitulkahfitangerang.blogspot.com, siapa tau anda - atau ada temen yang tertarik dengan properti Bali di bawah ini:

Tanah keren terletak dijalan utama menuju Pantai Nyanyi - salah satu destinasi turis di Bali. Dengan luas tanah 7820m2, tanah ini sangat cocok untuk membangun komplex villa atau perumahan.

Pemilik sangat serius untuk menjual, dan telah memberikan tawaran harga sedikit dibawah pasaran (masih bisa nego).

Untuk melihat denah dan informasi, klik www.balikey.com/p/1509/aa5420

===

Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog