Skip to main content

Lebaran Menurut Sunnah yang Shahih: Keutamaan Sepuluh Hari Pertama Bulan Dzulhijjah (5)

Lebaran Menurut Sunnah yang Shahih

Bab VI

Keutamaan Sepuluh Hari Pertama Bulan Dzulhijjah (5)

Pembahasan Kelima

Memberi Ucapan Selamat Hari Raya

Dibolehkan saling mengucapkan selamat dengan ungkapan yang telah masyhur di antara mereka dan yang telah berlaku di antara kaum muslimin secara umum, seperti seorang muslim mengucapkan kepada saudaranya: Taqabbalallaahu Minnaa wa Minkum (Semoga Allah menerima ibadah dari kami dan engkau) dan A'aadahullaahu 'Alaina wa 'Alaika bil Khairaat war Rahmah (Semoga Allah mengulangnya kembali kepada kami dan engkau). Dalil keumuman mengucapkan kata selamat ini adalah pensyari'atan sujud syukur atas nikmat yang Allah berikan dan bencana yang dihilangkan, ta'ziyah, ungkapan gembira Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam dengan kehadiran Ramadhan dan ucapan Thalhah kepada Ka'ab di hadapan Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam dan beliau diam (menyetujui). Demikian juga dengan menganalogikannya kepada ucapan selamat sebagian muslim kepada yang lainnya dalam musim-musim kebaikan dan waktu-waktu ibadah.

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullaah ditanya tentang ucapan selamat di hari raya, ia menjawab, "Ucapan selamat hari raya sebagian mereka kepada yang lainnya jika bertemu setelah shalat 'Id dengan ungkapan: Taqabbalallaahu Minnaa wa Minkum dan A'aadahullaahu 'Alaika, serta ucapan sejenisnya, maka hal ini telah diriwayatkan dari sejumlah Shahabat bahwa mereka melakukannya, dan telah diperbolehkan oleh para imam, seperti Imam Ahmad dan yang lainnya.

Maka siapa yang melakukannya, ia memiliki panutan, dan yang meninggalkannya pun memiliki panutan..." (12)

Ibnu Hajar rahimahullaah mengatakan, "Telah sampai kepada kami riwayat dengan sanad yang hasan dari Jubair bin Nufair, ia berkata: 'Jika para Shahabat Rasulullah saling bertemu di hari raya, sebagiannya mengucapkan kepada sebagian lainnya, Taqabbalallaahu Minnaa wa Minka.'" (13)

Bersambung...

===

(12) Majmuu' al-Fataawaa 24/253, al-Mughni 3/294, dan Haasyiyatul Raudh 2/522.

(13) Fat-hul Baari 2/446.

===

Maraji'/ sumber:
Kitab: Ahkaamul 'Iidain wa 'Asyri Dzil Hijjah, Penulis: Dr. 'Abdullah bin Muhammad bin Ahmad ath-Thayyar, Penerbit: Darul 'Ashimah, Cetakan I, 1413 H/ 1992 M, Judul terjemahan: Lebaran Menurut Sunnah yang Shahih, Penerjemah: Kholid Syamhudi Lc, Penerbit: Pustaka Ibnu Katsir, Bogor - Indonesia, Cetakan I, Rajab 1426 H/ Agustus 2005 M.

===

Layanan GRATIS Konsultasi, Estimasi Biaya, dan Survei Lokasi: Rangka Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
Telp/ SMS/ WA: 085778018878, BB: 269C8299
http://www.bajaringantangerang.com

===

As-Salamu 'alaikum pembaca setia baitulkahfitangerang.blogspot.com, bisakah anda menjadi agen properti?

Bisakah anda meraih keuntungan dengan memposisikan diri diantara pemilik dan pembeli? Jawab: BISA
1) tanpa punya pengalaman apapun dibidang properti
2) tanpa modal
3) tetap di pekerjaan atau bisnis anda sekarang
4) tetap tinggal dikota anda

Untuk info dan daftar GRATIS, klik: http://tinyurl.com/ppamr9b

===

Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog