Skip to main content

Waktu sholat 'Id

Bab III

Sholat dua hari raya

Pembahasan ketiga

Waktu sholat 'Id

Kebanyakan 'ulama berpendapat bahwa waktu sholat 'Id adalah antara terbit matahari setombak sampai tergelincirnya matahari. Ini merupakan waktu sholat Dhuha, karena adanya larangan melakukan sholat ketika terbitnya matahari, dimana diharomkan melaksanakan sholat ketika matahari terbit dan dimakruhkan setelahnya sampai naik setombak.

Disunnahkan mempercepat sholat 'Idul Adh-ha di awal waktunya, dimana hal ini menyesuaikan jama'ah hajji yang menyembelih sembelihan mereka di Mina, dan agar orang-orang dapat leluasa menyembelih kurban mereka. Sebagaimana disunnahkan memperlambat sholat 'Idul Fithri agar memungkinkan orang-orang mengeluarkan zakat fitroh mereka.

Ibnul Qoyyim rohimahuLLOOH berkata, "Rosululloh shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam dahulu mengakhirkan sholat 'Idul Fithri dan mempercepat sholat 'Idul Adh-ha. Demikian juga Ibnu 'Umar ro-dhiyaLLOOHU 'anhuma yang sangat antusias melaksanakan Sunnah, ia tidak keluar sampai terbit matahari." (6)

Shiddiq Hasan Khan rohimahuLLOOH mengatakan, "Waktu sholat 'Id adalah setelah matahari meninggi setombak sampai tergelincir. Telah ada ijma' yang sesuai dengan penunjukkan hadits-hadits yang ada -walaupun sepertinya tidak bisa dijadikan hujjah- sedangkan akhir waktunya adalah tergelincirnya matahari." (7)

===

(6) Kitab Zaadul Ma'aad 1/442.

(7) Kitab al-Mau'izhotul Hasanah halaman 43-44.

===

Maroji':
Kitab: Ahkaamul 'Iidain wa 'Asyri Dzil Hijjah, Penulis: Dr. 'Abdulloh bin Muhammad bin Ahmad ath-Thoyyar, Penerbit: Darul 'Ashimah, Cetakan I, 1413 H/ 1992 M, Judul terjemahan: Lebaran, Menurut Sunnah yang Shohih, Penerjemah: Kholid Syamhudi Lc, Penerbit: Pustaka Ibnu Katsir - Bogor, Cetakan I, 1426 H/ 2005 M.

===

Jual kurma Nabi asli Madinah
Minat beli kurma ajwa?
Promo Kurma ajwah asli Madinah
Hubungi ARY
SMS 0857.7801.8878/ 0812.8964.7870
PIN BB 269C8299

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog