Skip to main content

Hal-hal yang dilarang dalam takbir

Bab II

Takbir pada dua hari raya dan sepuluh hari pertama bulan dzulhijjah

Pembahasan keenam

Hal-hal yang dilarang dalam takbir

Dilarang melakukan takbir dengan berjam'ah, yaitu sejumlah orang berkumpul (dengan sengaja) untuk melafazhkan (takbir) dengan paduan suara (satu suara) ataua seseorang bertakbir kemudian sejumlah orang di belakangnya mengulanginya. Perbuatan semacam ini tidak pernah dinukil dari Salaf ummat ini. Padahal semua kebaikan itu ada dengan mencontoh mereka, dan dasar 'ibadah adalah ittiba' (mencontoh syari'at), bukan dengan ibtida' (mengada-adakan hal yang baru).

Yang sesuai sunnah, bahwa setiap orang bertakbir sendiri-sendiri. Hal seperti ini berlaku pada seluruh dzikir dan do'a yang disyari'atkan di semua waktu.

Imam al-'Allamah al-Albani rohimahuLLOOH mengatakan, "Di antara hal-hal yang perlu diperingatkan dalam kesempatan ini, bahwa mengeraskan takbir disini tidak disyari'atkan berjama'ah dengan satu suara (paduan suara) sebagaimana dilakukan oleh sebagian kaum muslimin. Demikian juga seluruh dzikir yang disyari'atkan untuk dikeraskan atau yang tidak disyari'atkan, sehingga tidak disyari'atkan berkumpul seperti itu. Maka hendaknya kita semua berhati-hati dari hal ini." (13)

===

(13) Kitab Silsilah al-Ahaadiits ash-Shohiihah 1/121.

===

Maroji':
Kitab: Ahkaamul 'Iidain wa 'Asyri Dzil Hijjah, Penulis: Dr. 'Abdulloh bin Muhammad bin Ahmad ath-Thoyyar, Penerbit: Darul 'Ashimah, Cetakan I, 1413 H/ 1992 M, Judul terjemahan: Lebaran, Menurut Sunnah yang Shohih, Penerjemah: Kholid Syamhudi Lc, Penerbit: Pustaka Ibnu Katsir - Bogor, Cetakan I, 1426 H/ 2005 M.

===

Jual kurma Nabi asli Madinah
Minat beli kurma ajwa?
Promo Kurma ajwah asli Madinah
Hubungi ARY
SMS 0857.7801.8878/ 0812.8964.7870
PIN BB 269C8299

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog