Skip to main content

Mengqodho Romadhon tidak cukup dengan shiyam enam hari bulan Syawwal

Shiyam tathowwu'

Mengqodho Romadhon tidak cukup dengan shiyam 6 (enam) hari bulan Syawwal

Soal: Apabila seorang wanita shiyam selama 6 (enam) hari pada bulan Syawwal dengan niat untuk mengqodho shiyam Romadhon. Apakah hal tersebut sudah cukup untuk mengqodho dengan shiyam 6 (enam) hari di bulan Syawwal? Dan apakah akan ditulis baginya pahala bershiyam 6 (enam) hari di bulan Syawwal?

Jawab: Diriwayatkan dari Nabi shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam bahwa Beliau shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam bersabda:

"Barangsiapa yang shiyam Romadhon kemudian mengiringinya dengan 6 (enam) hari di bulan Syawwal maka ia seperti shiyam sepanjang tahun."

Dalam hadits ini ada dalil yang menunjukkan keharusan sudah menyempurnakan shiyam Romadhon yang ini hukumnya wajib, kemudian dia menambahi shiyam 6 (enam) hari di bulan Syawwal sebagai shiyam sunnat. Hal ini agar seperti shiyam sepanjang tahun.

Dalam hadits lain disebutkan:

"Shiyam Romadhon seperti shiyam selama 10 (sepuluh) bulan, dan shiyam 6 (enam) hari di bulan Syawwal seperti shiyam selama 2 (dua) bulan."

Yang demikian adalah karena kebaikan dilipatkan 10 (sepuluh) kali lipat.

Oleh karena itu, maka barangsiapa yang shiyam hanya sebagian bulan Romadhon dan dia tidak shiyam sebagian bulan Romadhon disebabkan sakit, safar, haidh atau nifas, maka ia berkewajiban untuk menyempurnakan hari-hari yang dia tinggalkan dengan mengqodhonya terlebih dahulu pada bulan Syawwal sebelum shiyam 6 (enam) hari di bulan Syawwal atau shiyam sunnat yang lainnya.

Jika dia sudah mengqodho shiyam Romadhon yang dia tinggalkan, barulah dia disyari'atkan shiyam 6 (enam) hari di bulan Syawwal. Agar mendapatkan pahala yang tersebut di dalam hadits. Dan shiyam yang dilakukan untuk mengqodho tidak bisa menjadi shiyam sunnat, seperti yang sudah dijelaskan.

Syaikh bin Jibrin

===

Maroji':
Kitab: Fatawa ash-Shiyaam Syaikh 'Abdul 'Aziz bin 'Abdillah bin Baaz, Syaikh Muhammad bin Sholih al-'Utsaimin, Syaikh 'Abdulloh al-Jibriin, Penyusun: Muhammad al-Musnid, Judul terjemahan: Bekal di bulan Romadhon, Penerjemah: 'Ainun Najib Azhari Lc, Penerbit: at-Tibyan - Solo.

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog