Skip to main content

Sholat bid'ah pada malam 'Idul Adh-ha

Bab I

Kesalahan-kesalahan seputar dua hari raya

22. Sholat bid'ah pada malam 'Idul Adh-ha

Ada beberapa kelompok sufi yang melaksanakan sholat tertentu dengan cara yang khusus pada malam 'Idul Adh-ha. Mereka berdalil dengan apa yang diriwayatkan dari Abu Umamah ro-dhiyaLLOOHU 'anhu, secara marfu':

"Barangsiapa yang sholat pada malam an-Nahr ('Idul Adh-ha) sebanyak dua roka'at, pada setiap roka'atnya membaca Faatihatul Kitaab (al-Faatihah) sebanyak lima belas kali, Qul HuwaLLOOHU Ahad sebanyak lima belas kali, Qul A'uudzu bi ROBBIL Falaq sebanyak lima belas kali, dan Qul A'uudzu bi ROBBIN Naas juga sebanyak lima belas kali. Kemudian setelah salam membaca ayat Kursi sebanyak tiga kali dan beristighfar sebanyak sepuluh kali. Niscaya ALLOH akan mencatat namanya dalam daftar penghuni Surga, mengampuni dosa-dosanya, baik yang sembunyi-sembunyi maupun yang terang-terangan. Dan ALLOH pun mencatat baginya sebagai (pahala) hajji dan umroh pada setiap ayat yang dibacanya dan ia seakan-akan telah memerdekakan enam puluh budak dari keturunan Nabi Isma'il 'alayhis salam. Apabila ia meninggal dunia antara malam itu dengan Jum'at berikutnya, maka ia mati sebagai syahid."

Ibnul Jauzi rohimahuLLOOH berkata, "Hadits ini tidak shohih." (49)

Di dalam sanadnya terdapat dua cacat:

1. (Adanya) al-Qosim bin 'Abdirrohman.

(Mengenainya) Imam Ahmad berkata, "Haditsnya munkar."

2. (Adanya) Ahmad bin Muhammad bin Gholib.

(Mengenainya) Ibnul Jauzi berkata, "Ia kadang-kadang memalsukan hadits."

Dengan demikian hadits tersebut dusta dan meng'amalkannya merupakan bid'ah dan kesesatan.

===

(49) Kitab al-Maudhuu'aat 2/55.

===

Maroji':
Kitab: al-Kalimaatun Naafi'ah fil Akhthoo-isy Syaa-i'ah: Khomsuun Khotho-an fii Sholaatil 'Iidain, Penulis: Syaikh Wahid 'Abdus Salam Baali, Penerbit: Dar Ibni Rojab, Cetakan II, 1424 H/ 2003 M, Judul terjemahan: 50 Kesalahan dalam Berhari Raya, Penerjemah: Mufti Hamdan, Penerbit: Pustaka Ibnu Katsir - Bogor, Cetakan I, 1426 H/ 2005 M.

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog