Skip to main content

Membagi-bagikan permen dan buah di pekuburan pada hari 'Id

Bab I

Kesalahan-kesalahan seputar dua hari raya

26. Membagi-bagikan permen dan buah di pekuburan pada hari 'Id

Di antara perbuatan bid'ah adalah membagi-bagikan permen, buah-buahan, kopi, roti, dan lain sebagainya di pekuburan pada hari 'Id, sebagai shodaqoh atas (nama) mayit. Hal ini adalah salah, dikarenakan beberapa aspek:

1. Perbuatan itu tidak pernah ada di masa Nabi shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam dan di masa terbaik (masa Shohabat, Tabi'in, dan Tabi'ut Tabi'in, -penj).

2. Shodaqoh atas (nama) mayit itu dapat dilakukan di tempat mana saja, tidak disyaratkan harus di sisi kuburan.

3. Shodaqoh tersebut biasanya dibarengi dengan berdesakannya manusia di sisi kuburan, duduk di atasnya, dan menginjaknya dengan kaki. Semua ini adalah kemunkaran syar'i yang harus dijauhi, khususnya di sisi kuburan.

Penjelasan di atas adalah berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh 'Uqbah bin 'Amir ro-dhiyaLLOOHU 'anhu, ia berkata bahwa Rosululloh shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam bersabda:

"Lebih baik aku berjalan di atas bara api atau pedang atau aku menjahit sandalku dengan menggunakan kakiku, lebih aku sukai daripada aku berjalan di atas kuburan seorang muslim." (57)

===

(57) Shohih. Hadits Riwayat Imam Ibnu Majah nomor 1567, Imam al-Haitsami berkata dalam kitab az-Zawaa-id, "Sanadnya shohih," dan dishohihkan pula oleh Imam al-Albani dalam kitab al-Irwaa' nomor 63.

===

Maroji':
Kitab: al-Kalimaatun Naafi'ah fil Akhthoo-isy Syaa-i'ah: Khomsuun Khotho-an fii Sholaatil 'Iidain, Penulis: Syaikh Wahid 'Abdus Salam Baali, Penerbit: Dar Ibni Rojab, Cetakan II, 1424 H/ 2003 M, Judul terjemahan: 50 Kesalahan dalam Berhari Raya, Penerjemah: Mufti Hamdan, Penerbit: Pustaka Ibnu Katsir - Bogor, Cetakan I, 1426 H/ 2005 M.

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog