Skip to main content

Apakah ada sholat sebelum dan sesudah sholat hari raya ('Iidain)?

Bab III

Sholat dua hari raya

Pembahasan ketujuh

Apakah ada sholat sebelum dan sesudah sholat hari raya ('Iidain)?

Tidak ada satu dalil pun yang menunjukkan bahwa beliau melakukan sholat sebelum sholat 'Id dan tidak juga setelahnya. Dari Ibnu 'Abbas ro-dhiyaLLOOHU 'anhu:

"Bahwasanya Nabi shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam melakukan sholat 'Idul Fithri dua roka'at tanpa sholat sebelum dan sesudahnya." (16)

Ibnul Qoyyim rohimahuLLOOH berkata, "Nabi shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam dan para Shohabatnya ro-dhiyaLLOOHU 'anhum tidak pernah melakukan sholat jika telah sampai tanah lapang tempat sholat 'Id (musholla) sebelum sholat ('Id) dan tidak juga setelahnya." (17)

Ibnul Hajar rohimahuLLOOH mengatakan, "Kesimpulannya bahwa dalam sholat 'Id tidak ada sholat sunnah sebelum dan sesudahnya, menyelisihi orang yang mengkiaskannya dengan sholat Jum'at. Sedangkan sholat sunnah mutlak, maka tidak ada dalil khusus yang melarangnya, kecuali hal itu dilakukan pada waktu yang dimakruhkan (mengerjakannya) yang ada di semua hari." (18)

Hukum ini berlaku jika seorang muslim melakukan sholat 'Id di lapangan (musholla). Adapun jika ia sholat di masjid karena udzur seperti hujan, angin kencang dan selainnya, maka yang rojih dari pendapat para 'ulama bahwa seorang muslim itu mengerjakan sholat dua roka'at Tahiyyatul Masjid, karena hukumnya sama dengan hukum orang yang masuk masjid, bukan untuk sholat 'Id. WALLOOHU a'lam.

===

(16) Hadits Riwayat Imam al-Bukhori, lihat kitab Fat-hul Baari 2/476.

(17) Kitab Zaadul Ma'aad 1/332.

(18) Kitab Fat-hul Baari 2/476.

===

Maroji':
Kitab: Ahkaamul 'Iidain wa 'Asyri Dzil Hijjah, Penulis: Dr. 'Abdulloh bin Muhammad bin Ahmad ath-Thoyyar, Penerbit: Darul 'Ashimah, Cetakan I, 1413 H/ 1992 M, Judul terjemahan: Lebaran, Menurut Sunnah yang Shohih, Penerjemah: Kholid Syamhudi Lc, Penerbit: Pustaka Ibnu Katsir - Bogor, Cetakan I, 1426 H/ 2005 M.

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog