Skip to main content

Hal-hal yang membatalkan i'tikaaf

Pembahasan kedua belas

Hal-hal yang membatalkan i'tikaaf

Pertama:
Sengaja keluar dari masjid tanpa suatu keperluan walaupun hanya sebentar. Keluar dari masjid akan menjadikan batal i'tikaafnya, karena tinggal di masjid sebagai rukun i'tikaaf.

Kedua:
Murtad karena bertentangan dengan makna 'ibadah, dan juga berdasarkan firman ALLOH:

"Dan sesungguhnya telah diwahyukan kepadamu dan kepada (Nabi-nabi) yang sebelummu. Jika kamu mempersekutukan (ROBB), niscaya akan hapuslah 'amalmu dan tentulah kamu termasuk orang-orang yang merugi."
(Qur-an Suroh az-Zumar: ayat 65)

Ketiga:
Hilang akal disebabkan gila atau mabuk.

Keempat:
Haidh.

Kelima:
Nifas.

Keenam:
Bersetubuh/ bersenggama, berdasarkan firman ALLOH Sub-haanahu wa Ta'aala:

"Dihalalkan bagi kamu pada malam hari bulan puasa bercampur dengan isteri-isteri kamu; mereka adalah pakaian bagimu, dan kamu pun adalah pakaian bagi mereka. ALLOH mengetahui bahwasanya kamu tidak dapat menahan nafsumu, karena itu ALLOH mengampuni kamui dan memberi maaf kepadamu. Maka, sekarang campurilah mereka dan ikutilah apa yang telah ditetapkan ALLOH untukmu, dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam, (tetapi) janganlah kamu campuri mereka itu, sedang kamu ber-i'tikaaf dalam masjid. Itulah larangan ALLOH, maka janganlah kamu mendekatinya. Demikianlah ALLOH menerangkan ayat-ayat-NYA kepada manusia, supaya mereka bertaqwa."
(Qur-an Suroh al-Baqoroh: 187)
(Lihat kita Fiqhus Sunnah 1/406)

Menurut pendapat Ibnu 'Abbas ro-dhiyaLLOOHU 'anhuma: "Apabila seorang mu'takif (yang i'tikaaf) bersetubuh, maka batal i'tikaafnya dan ia mulai dari awal lagi."
(Diriwayatkan oleh Imam Ibnu Abi Syaibah dan Imam 'Abdurrozzaq dengan sanad yang shohih. Lihat kitab Qiyamul Romadhon halaman 41 oleh Imam al-Albani)

===

Maroji':
Judul buku: I'tikaaf, Penulis: Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas, Penerbit: Pustaka 'Abdullah - Jakarta, Cetakan I, 1425 H/ 2004 M.

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog