Skip to main content

Khotimah

Khotimah

Dianjurkan bagi orang-orang yang beri'tikaaf pada sepuluh hari terakhir di bulan Romadhon dan yang tidak i'tikaaf, berusahalah memanfaatkan waktu untuk 'ibadah kepada ALLOH, perbanyaklah baca al-Qur-an, berdzikir kepada ALLOH, dan melakukan sholat-sholat sunnat yang disunnahkan oleh Rosululloh shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam, mudah-mudahan kita termasuk orang yang mendapatkan malam Lailatul Qodar yang keutamaannya lebih baik dari seribu bulan dan mudah-mudahan pula dosa kita diampunkan ALLOH Sub-haanahu wa Ta'aala.

ALLOH Sub-haanahu wa Ta'aala berfirman:

"Sesungguhnya KAMI telah menurunkannya (al-Qur-an) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun Malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin ROBB-nya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar."
(Qur-an Suroh al-Qodar: ayat 1-5)

Rosululloh shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam bersabda:

"Barangsiapa berdiri (melaksanakan 'ibadah) pada malam Lailatul Qodar, karena iman dan mengharapkan ganjaran dari ALLOH, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu."
(Hadits Shohih Riwayat Imam al-Bukhori nomor 2014, Imam Muslim 760(175), Imam Abu Dawud nomor 1372, Imam an-Nasa-i 4/157)

Dianjurkan pula banyak do'a dan dzikir ini pada malam ganjil di akhir Romadhon yang diharapkan adanya Lailatul Qodar:

ALLOOHUMMA innaka 'afuwwun tuhibbul 'afwa fa'fu 'annii.
"Ya ALLOH, sesungguhnya ENGKAU Maha Pemaaf dan suka memaafkan, maka maafkanlah aku."
(Hadits Shohih Riwayat Imam Ahmad 6/171, Imam Ibnu Majah nomor 3850, Imam at-Tirmidzi nomor 3513 dari 'Aisyah ro-dhiyaLLOOHU 'anhuma. Lihat kitab Shohiih at-Tirmidzi nomor 2789 dan kitab Shohiih Ibnu Majah nomor 3105)

WALLOOHU a'lam bish showaab.

Sub-haanakaLLOOHUMMA wa bihamdika asy-Hadu an laa ilaaHa illaLLOOHU astagh-firuka wa atuubu ilaik.
"Maha Suci ENGKAU ya ALLOH, aku memujimu. Aku bersaksi bahwa tidak ada ilah (yang berhak untuk di'ibadahi dengan benar) kecuali ENGKAU, aku meminta ampun dan bertaubat kepada-MU.
(Hadits Riwayat Imam an-Nasa-i di dalam kitab 'Amalul Yaum wal Lailah nomor 403, Imam Ahmad 6/77. Lihat kitab Fat-hul Baari 13/546, kitab Silsilah al-Ahaadiits ash-Shohiihah nomor 3164)

===

Maroji':
Judul buku: I'tikaaf, Penulis: Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas, Penerbit: Pustaka 'Abdullah - Jakarta, Cetakan I, 1425 H/ 2004 M.

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog