Skip to main content

Tidak ada adzan dan iqomat untuk sholat dua hari raya ('Iidain)

Bab III

Sholat dua hari raya

Pembahasan keenam

Tidak ada adzan dan iqomat untuk sholat dua hari raya ('Iidain)

Dalam sholat 'Id, tidak ada adzan dan iqomat. Telah ada riwayat yang shohih bahwa beliau melaksanakan sholat 'Id tanpa adzan dan tanpa iqomat.

Dari Ibnu 'Abbas dan Jabir ro-dhiyaLLOOHU 'anhum, keduanya berkata:

"Tidak ada adzan pada hari raya Fithri dan hari raya kurban." (12)

Sedangkan hadits Jabir bin Samuroh ro-dhiyaLLOOHU 'anhu, dia berkata:

"Aku melaksanakan sholat dua hari raya bersama Rosululloh shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam tidak hanya sekali atau dua kali, (sholat tersebut) tanpa adzan dan tanpa iqomat." (13)

Ibnul Qoyyim rohimahuLLOOH berkata, "Jika Beliau shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam sampai ke musholla (tanah lapang tempat sholat), Beliau memulai sholat 'Id tanpa adzan dan iqomat dan tidak pula mengucapkan ash-Sholaatul Jaami'ah. Dan yang sesuai dengan Sunnah adalah tidak melakukan hal itu sedikitpun." (14)

Dan Ibnu Hazm rohimahuLLOOH mengatakan, "Dari imam datang, kemudian maju tanpa adzan dan iqomat, lalu mengimami orang-orang untuk sholat dua roka'at dengan menjahrkan (mengeraskan) bacaan al-Qur-annya." (15)

===

(12) Hadits Riwayat Imam al-Bukhori dan Imam Muslim, lihat kitab Fat-hul Baari 2/451 dan kitab Shohiih Muslim bi Syarh an-Nawawi 6/176.

(13) Hadits Riwayat Imam Muslim, lihat kitab Shohiih Muslim bi Syarh an-Nawawi 6/176.

(14) Kitab Zaadul Ma'aad 1/442.

(15) Kitab al-Muhalla 5/120.

===

Maroji':
Kitab: Ahkaamul 'Iidain wa 'Asyri Dzil Hijjah, Penulis: Dr. 'Abdulloh bin Muhammad bin Ahmad ath-Thoyyar, Penerbit: Darul 'Ashimah, Cetakan I, 1413 H/ 1992 M, Judul terjemahan: Lebaran, Menurut Sunnah yang Shohih, Penerjemah: Kholid Syamhudi Lc, Penerbit: Pustaka Ibnu Katsir - Bogor, Cetakan I, 1426 H/ 2005 M.

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog