Skip to main content

Shiyam 6 (enam) hari di bulan Syawwal dan masalah yang disebutkan di dalam kitab "Muwaththo"

Shiyam tathowwu'

Shiyam 6 (enam) hari di bulan Syawwal dan masalah yang disebutkan di dalam kitab "Muwaththo"

Soal: Bagaimana menurut syaikh tentang shiyam 6 (enam) hari di bulan Syawwal yang dilakukan setelah bulan Romadhon? Karena disebutkan di dalam kitab Muwaththo' Imam Malik bin Anas rohimahuLLOOHU Ta'ala perkataannya tentang shiyam 6 (enam) hari di bulan Syawwal bahwa shiyam tersebut tidak ada satu pun dari kalangan para 'ulama dan fuqoha yang melaksanakannya. Dan (katanya) bahwa para 'ulama tidak menyukai shiyam 6 (enam) hari di bulan Syawwal tersebut, serta mengkhawatirkan tentang kebid'ahannya dan mengkhawatirkan akan dimasukkan ke dalam shiyam Romadhon. Perkataan ini disebutkan di dalam kitab al-Muwaththo' Imam Malik bin Anas nomor 228. Bagaimana menurut anda?

Jawab: Diriwayatkan dalam haditsnya Abu Ayyub ro-dhiyaLLOOHU 'anhu bahwa Rosululloh shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam bersabda:

"Barangsiapa yang shiyam Romadhon kemudian mengiringinya dengan 6 (enam) hari di bulan Syawwal maka ia seperti shiyam sepanjang tahun."
(Hadits Riwayat Imam Muslim dan al-Khomsah (12))

Ini adalah hadits shohih yang menunjukkan bahwa shiyam 6 (enam) hari di bulan Syawwal adalah sunnah. Dan Imam asy-Syafi'i, Imam Ahmad dan para 'ulama rohimahuLLOOHU Ta'ala telah melaksanakannya. Dan tidak benar jika hadits ini dilawan dengan perkataan para 'ulama hanya karena tidak disukainya shiyam 6 (enam) hari tersebut jika sampai diyakini tentang kewajibannya oleh orang yang jahil bahwa shiyam tersebut termasuk shiyam Romadhon. Atau hanya karena khawatir jika shiyam 6 (enam) hari tersebut dianggap wajib, atau juga hanya beralasan bahwa tidak ada satu 'ulama pun yang sebelumnya melaksanakannya. Maka anggapan yang demikian ini tidak berlandaskan hadits yang shohih. Dan orang yang mengetahui menjadi dalil bagi orang yang tidak mengetahui.

Al-Lajnah ad-Daa-imah

===

(12) Al-Khomsah adalah istilah dalam ilmu hadits tentang perowi yang 5 orang, mereka adalah Imam Ahmad, Imam Abu Dawud, Imam an-Nasa-i, Imam at-Tirmidzi, dan Imam Ibnu Majah.

===

Maroji':
Kitab: Fatawa ash-Shiyaam Syaikh 'Abdul 'Aziz bin 'Abdillah bin Baaz, Syaikh Muhammad bin Sholih al-'Utsaimin, Syaikh 'Abdulloh al-Jibriin, Penyusun: Muhammad al-Musnid, Judul terjemahan: Bekal di bulan Romadhon, Penerjemah: 'Ainun Najib Azhari Lc, Penerbit: at-Tibyan - Solo.

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog