Skip to main content

Tempat mengadakan sholat 'Id

Bab III

Sholat dua hari raya

Pembahasan keempat

Tempat mengadakan sholat 'Id

Disunnahkan melaksanakan 'Id di musholla (tanah lapang) di luar perkampungan, berdasarkan 'amalan Rosululloh shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam. Hal ini dilakukan bila di sana tidak ada udzur (halangan) yang menghalangi sholat di musholla (tanah lapang). Namun bila di sana terdapat udzur (halangan) berupa hujan, angin kencang atau yang lainnya, maka diperbolehkan melaksanakan sholat di masjid. Apabila di perkampungan tersebut ada orang-orang lemah atau tua renta maka imam (penguasa) mengangkat di masjid perkampungan tersebut seorang yang mengimami mereka berdasarkan perbuatan 'Ali bin Abi Tholib ro-dhiyaLLOOHU 'anhu.

Ibnu Qudamah rohimahuLLOOH mengatakan, "Disunnahkan melaksanakan sholat hari raya di musholla (tanah lapang), karena Nabi shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam berangkat ke tanah lapang dan meninggalkan masjidnya. Demikian juga para kholifah setelah Beliau. Juga hal ini merupakan ijma' kaum muslimin, karena orang-orang di setiap masa dan kota berangkat ke musholla (tanah lapang) dan melaksanakan sholat 'Id di sana." (8)

Ibnu Qoyyim rohimahuLLOOH menegaskan bahwa Nabi shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam melaksanakan sholat dua hari raya di musholla (tanah lapang). Contoh teladan (petunjuk) Beliau shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam adalah selalu melaksanakan kedua sholat tersebut di tanah lapang. (9)

===

(8) Kitab al-Mughni 3/260.

(9) Kitab Zaadul Ma'aad 1/441.

===

Maroji':
Kitab: Ahkaamul 'Iidain wa 'Asyri Dzil Hijjah, Penulis: Dr. 'Abdulloh bin Muhammad bin Ahmad ath-Thoyyar, Penerbit: Darul 'Ashimah, Cetakan I, 1413 H/ 1992 M, Judul terjemahan: Lebaran, Menurut Sunnah yang Shohih, Penerjemah: Kholid Syamhudi Lc, Penerbit: Pustaka Ibnu Katsir - Bogor, Cetakan I, 1426 H/ 2005 M.

===

Jual kurma Nabi asli Madinah
Minat beli kurma ajwa?
Promo Kurma ajwah asli Madinah
Hubungi ARY
SMS 0857.7801.8878/ 0812.8964.7870
PIN BB 269C8299

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog