Skip to main content

Ukuran Zakat Fitrah | Meneladani Shaum Rasulullah

Shifatu Shaumin Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam fii Ramadhaan.

Syaikh Abu Usamah Salim bin 'Ied al-Hilali dan Syaikh 'Ali Hasan 'Ali 'Abdul Hamid hafizhahumallaah.

Meneladani Shaum Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam.

Keduapuluhdua.

Zakat Fitrah (4).

4. Ukuran Zakat Fitrah.

Hendaklah seorang muslim mengeluarkan satu sha' makanan dari beberapa jenis makanan yang telah disebutkan di atas. Dan telah terjadi perbedaan pendapat mengenai hinthah. Ada yang mengatakan: "Setengah sha'." Inilah yang lebih rajih dan shahih. Hal tersebut didasarkan pada sabda Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam:

"Keluarkanlah satu sha' burr atau qamh (gandum) untuk tiap kepala atau satu sha' kurma atau sha' sya'ir untuk setiap orang merdeka, budak, anak kecil, maupun orang dewasa." (198)

Satu sha' yang diakui adalah sha' penduduk Madinah. Hal itu didasarkan pada hadits Ibnu 'Umar radhiyallahu 'anhuma, dia bercerita, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

"Timbangan (yang digunakan adalah) timbangan penduduk Makkah. Sedangkan takaran (yang digunakan adalah) takaran penduduk Madinah." (199)

Baca selanjutnya:

===

(198) Diriwayatkan oleh Ahmad (V/ 432) dari Tsa'labah bin Shu'air (radhiyallahu 'anhu) dan sanad semua rijalnya tsiqah. Dan hadits ini mempunyai satu syahid yang ada pada ad-Daraquthni (II/ 151) dari Jabir (radhiyallahu 'anhu) dengan sanad yang shahih.

(199) Diriwayatkan oleh Abu Dawud (2340), an-Nasa-i (I/ 281), al-Baihaqi (VI/ 31) dari Ibnu 'Umar radhiyallahu 'anhuma dengan sanad yang shahih.

===

Maraji'/ Sumber:
Kitab: Shifatu Shaumin Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam fii Ramadhaan, Penulis: Syaikh Abu Usamah Salim bin 'Ied al-Hilali dan Syaikh 'Ali Hasan 'Ali 'Abdul Hamid hafizhahumallaah, Penerbit: al-Maktabah al-Islamiyyah, Amman - Yordania, Cetakan IV, Tahun 1412 H/ 1992 M, Judul Terjemahan: Meneladani Shaum Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam, Penerjemah: M. Abdul Ghoffar E.M, Muraja'ah Terjemah: Taufik Saleh Alkatsiri, Penerbit: Pustaka Imam asy-Syafi'i - Indonesia, Cetakan Kedua, Rabi'ul Akhir 1426 H/ Agustus 2005 M.

===

Abu Sahla Ary Ambary bin Ahmad Awamy bin Muhammad Noor al-Bantani
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog