Skip to main content

Biografi Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin | Syarah Tsalaatsatul Ushuul

Syarh Tsalaatsatil Ushuul.

Penulis Matan: Syaikhul Islam Muhammad bin 'Abdul Wahhab rahimahullah.

Penulis Syarah: Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin rahimahullah.

Penyusun: Syaikh Fahd bin Nashir bin Ibrahim as-Sulaiman.

Syarah Tsalaatsatul Ushuul.
Mengenal Allah, Rasul dan Dinul Islam.
Penjelasan Singkat Tentang Ilmu-ilmu yang Wajib Diketahui Setiap Muslim.

Pensyarah Kitab Tsalaatsatul Ushuul:
Fadhillah Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin rahimahullah.

Nasabnya.

Beliau adalah Abu 'Abdillah, Muhammad bin Shalih bin Muhammad bin 'Utsaimin al-Wahibi at-Tamimi.

Kelahirannya.

Beliau dilahirkan di kota Unaizah pada tanggal 27 Ramadhan yang penuh berkah tahun 1347 H.

Pertumbuhannya.

Beliau belajar al-Quranul Karim kepada kakeknya dari jalur ibu, 'Abdurrahman bin Sulaiman 'Ali Damigh rahimahullah wa hafizhahu. Kemudian beliau mulai menuntut ilmu, belajar menulis, berhitung, dan beberapa ilmu kesusastraan. Syaikh 'Abdurrahman as-Sa'di menempatkan dua orang muridnya di kediamannya untuk mengajar murid-murid junior, yang seorang adalah Syaikh 'Ali ash-Shalihi dan seorang lagi adalah Syaikh Muhammad bin 'Abdul 'Aziz al-Muthawi' rahimahullah, yang kepadanya beliau mempelajari Mukhtashar 'Aqiidah Waasithiyah tulisan Syaikh 'Abdurrahman as-Sa'di dan Minhaajus Saalikin fil Fiqhi tulisan Syaikh 'Abdurrahman juga, Juruumiyah, dan Alfiyah. Beliau belajar faraid dan fikih kepada Syaikh 'Abdurrahman bin 'Ali bin Audan. Beliau belajar kepada Syaikh 'Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di yang beliau anggap sebagai syaikhnya yang pertama, karena beliau bermulazamah serta belajar kepada beliau tentang Tauhid, Tafsir, Hadits, Fikih, Ushul Fikih, Faraid, Musthalahul Hadits, Nahwu, dan Sharaf.

Beliau mempunyai kedudukan khusus di sisi syaikhnya rahimahullah. Ketika ayah beliau, Syaikh Muhammad rahimahullah pindah ke Riyad ketika usia beliau menginjak remaja, beliau ingin ikut berpindah bersama orang tuanya. Maka Syaikh 'Abdurrahman as-Sa'di rahimahullah menulis surat kepada ayah beliau, "Ini sungguh tidak mungkin, kami mengharapkan Muhammad tetap tinggal di sini supaya bisa terus belajar."

Beliau (Syaikh 'Utsaimin) rahimahullah berkata, "Aku banyak terkesan oleh gaya Syaikh 'Abdurrahman dalam mengajar, memaparkan ilmu, dan mengadakan pendekatan kepada siswaa melalui contoh-contoh dan ilustrasi. Aku juga banyak terpengaruh oleh akhlak beliau, karena beliau rahimahullah memiliki keluasan ilmu dan ibadah. Beliau biasa mencandai anak kecil, tertawa kepada yang besar, dan berakhlak paling baik di antara orang-orang yang pernah aku lihat."

Beliau belajar kepada Syaikh 'Abdul 'Aziz bin Baz, yang merupakan syaikh beliau yang kedua. Beliau belajar dari Syaikh bin Baz tentang Shahihul Bukhari, beberapa risalah Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah, dan beberapa kitab fikih.

Beliau berkata, "Aku terkesan oleh Syaikh bin Baz dalam segi perhatian terhadap hadits. Aku juga terkesan oleh beliau dalam segi akhlak dan sikap lapang dada beliau terhadap orang lain."

Pada tahun 1371 H, beliau mulai mengajar di masjid Jami'. Ketika beberapa Ma'had Ilmi dibuka di Riyad, beliau mengikutinya pada tahun 1372 H. Beliau (al-'Utsaimin) rahimahullah berkata, "Aku masuk ke Ma'had Ilmi mulai tahun kedua. Aku masuk dengan persetujuan Syaikh 'Ali ash-Shalihi dan setelah meminta izin kepada Syaikh 'Abdurrahman as-Sa'di 'alaihi rahmatullaah. Ma'had Ilmi pada masa itu dibagi menjadi dua kategori, yaitu umum dan khusus. Aku berada di bagian khusus. Pada masa itu, siapa yang ingin bisa 'melompat' -begitu mereka menyebutnya-, artinya ia belajar di kelasnya sesuai dengan ijazah terakhirnya, kemudian diuji pada awal tahun pelajaran kedua. Jika lulus, maka ia belajar mengikuti kelas di atasnya. Dengan demikian, masa belajar menjadi lebih singkat."

Dua tahun kemudian, beliau lulus dan ditetapkan sebagai pengajar di Ma'had Unaizah al-Ilmi sambil melanjutkan kuliah jarak jauh di fakultas syari'ah dan melanjutkan belajar kepada Syaikh 'Abdurrahman as-Sa'di.

Ketika Fadhilah Syaikh 'Abdurrahman as-Sa'di rahimahullah wafat, beliau diserahi kedudukan imam Masjid Jami' al-Kabir di Unaizah dan mengajar di Perpustakaan Nasional di Unaizah, di samping mengajar di Ma'had Ilmi. Selanjutnya, beliau pindah mengajar di Fakultas Syari'ah dan Fakultas Ushuluddin di Universitas Islam Imam Muhammad bin Su'ud cabang Qasim, hingga sekarang, di samping menjadi anggota Hai'ah Kibaarul 'Ulamaa' di kerajaan Saudi Arabia. Fadhilah Syaikh rahimahullah mempunyai aktivitas besar dalam dakwah dan pembimbingan para dai di berbagai tempat.

Patut disebutkan pula bahwa Syaikh Muhammad bin Ibrahim rahimahullah pernah menawari, bahkan mendesak beliau untuk menduduki jabatan qadhi (hakim), bahkan mengeluarkan keputusan yang menetapkan beliau rahimahullah untuk menjabat sebagai pimpinan Pengadilan Agama di Ihsa'. Namun beliau meminta dibebaskan dari tugas tersebut. Setelah memberikan berbagai pertimbangan dan mengadakan hubungan pribadi dengan Syaikh Muhammad bin Ibrahim, Syaikh Muhammad membebaskan beliau dari jabatan hakim.

Karya Tulisnya.

Beliau rahimahullah mempunyai banyak karya tulis, sampai sekitar 40 buah, di antaranya berupa buku dan ada yang berupa makalah. Insya Allah, tulisan-tulisan tersebut akan dihimpun dalam Majmuu'ul Fataawaa war Rasaa'il.

===

Maraji'/ sumber:
Kitab: Syarh Tsalaatsatil Ushuul, Penulis Matan: Syaikhul Islam Muhammad bin 'Abdul Wahhab rahimahullah, Penulis Syarah: Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin rahimahullah, Penyusun: Syaikh Fahd bin Nashir bin Ibrahim as-Sulaiman, Penerbit: Darul Tsarya, Riyadh - Kerajaan Arab Saudi, Cetakan III, Tahun 1997 M, Judul Terjemahan: Syarah Tsalaatsatul Ushuul (Mengenal Allah, Rasul dan Dinul Islam, Penjelasan Singkat Tentang Ilmu-ilmu yang Wajib Diketahui Setiap Muslim), Penerjemah: Hawin Murtadlo, Salafuddin Abu Sayyid, Editor: Muhammad Albani, Penerbit: Al-Qowam, Sukoharjo - Indonesia, Cetakan XIII, Maret 2016 M.

===

Wakaf dari Ibu Anny - Jakarta untuk Perpustakaan Baitul Kahfi Tangerang.
Semoga Allah menjaganya dan memudahkan segala urusan kebaikannya.

===

Abu Sahla Ary Ambary bin Ahmad Awamy bin Muhammad Noor al-Bantani
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog