Skip to main content

Hadits Ketiga | Hadits-hadits Dha'if yang Biasa Menyebar di Bulan Ramadhan | Meneladani Shaum Rasulullah

Shifatu Shaumin Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam fii Ramadhaan.

Syaikh Abu Usamah Salim bin 'Ied al-Hilali dan Syaikh 'Ali Hasan 'Ali 'Abdul Hamid hafizhahumallaah.

Meneladani Shaum Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam.

Keduapuluhtiga.

Hadits-hadits Dha'if yang Biasa Menyebar di Bulan Ramadhan.

Hadits berikutnya adalah:

3. "Berpuasalah kalian, niscaya akan menjadi sehat."

Ini merupakan penggalan dari hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu 'Adi di dalam kitab al-Kaamil (VII/ 2521) melalui jalan Nahsyal bin Sa'id, dari adh-Dhahhak, dari Ibnu 'Abbas (radhiyallahu 'anhuma).

Nahsyal berstatus matruk, karena ia suka berbohong, dan adh-Dhahhak tidak pernah mendengarnya dari Ibnu 'Abbas.

Diriwayatkan pula oleh ath-Thabrani di dalam kitab al-Ausath (I/ Q/ 69/ Majma'ul Bahrain), Abu Nu'aim di dalam kitab ath-Thibbun Nabawi, sebagaimana disebutkan pula di dalam kitab Takhriijul Ihyaa' (III/ 87), Ibnu Bukhait di dalam kitab Juz-u-nya, sebagaimana yang disebutkan di dalam kitab Syarhul Ihyaa' (VII/ 401) melalui jalan Muhammad bin Sulaiman bin Abi Dawud, dari Zuhair bin Muhammad, dari Suhail bin Abi Shalih, dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu.

Sanad hadits ini dha'if. Abu Bakar al-Atsram mengatakan: "Aku pernah mendengar Ahmad -dan dia menyebutkan riwayat orang-orang Syam dari Zuhair bin Muhammad- mengatakan: 'Mereka meriwayatkan darinya beberapa hadits munkar orang-orang tersebut.'" Abu Hatim mengatakan: "Di dalam hafalannya terdapat kekurangan. Dan haditsnya di Syam lebih munkar daripada haditsnya di Irak karena buruknya hafalan." Al-'Ajali mengatakan: "Hadits-hadits ini yang diriwayatkan oleh penduduk Syam darinya sama sekali tidak membuatku terkejut." Demikian itu pula yang disebutkan di dalam kitab Tahdziibul Kamaal (IX/ 417).

Dapat aku katakan: "Muhammad bin Sulaiman adalah seorang penduduk Syam yang biografinya ditulis di dalam kitab Taarikh Damasyqa (15/ Q/ 386 -manuskrip), sehingga riwayatnya dari Zuhair -sebagaimana yang ditetapkan oleh para imam- adalah munkar. Dan hadits ini adalah bagian darinya.

Baca selanjutnya:

===

Maraji'/ Sumber:
Kitab: Shifatu Shaumin Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam fii Ramadhaan, Penulis: Syaikh Abu Usamah Salim bin 'Ied al-Hilali dan Syaikh 'Ali Hasan 'Ali 'Abdul Hamid hafizhahumallaah, Penerbit: al-Maktabah al-Islamiyyah, Amman - Yordania, Cetakan IV, Tahun 1412 H/ 1992 M, Judul Terjemahan: Meneladani Shaum Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam, Penerjemah: M. Abdul Ghoffar E.M, Muraja'ah Terjemah: Taufik Saleh Alkatsiri, Penerbit: Pustaka Imam asy-Syafi'i - Indonesia, Cetakan Kedua, Rabi'ul Akhir 1426 H/ Agustus 2005 M.

===

Abu Sahla Ary Ambary bin Ahmad Awamy bin Muhammad Noor al-Bantani
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog