Skip to main content

Biografi Syaikhul Islam Muhammad bin 'Abdul Wahhab | Syarah Tsalaatsatul Ushuul

Syarh Tsalaatsatil Ushuul.

Penulis Matan: Syaikhul Islam Muhammad bin 'Abdul Wahhab rahimahullah.

Penulis Syarah: Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin rahimahullah.

Penyusun: Syaikh Fahd bin Nashir bin Ibrahim as-Sulaiman.

Syarah Tsalaatsatul Ushuul.
Mengenal Allah, Rasul dan Dinul Islam.
Penjelasan Singkat Tentang Ilmu-ilmu yang Wajib Diketahui Setiap Muslim.

Syaikhul Islam Muhammad bin 'Abdul Wahhab rahimahullah.

Penulis Kitab Tsalaatsatul Ushuul.

Nasabnya.

Beliau adalah Syaikhul Islam Muhammad bin 'Abdul Wahhab bin Sulaiman bin 'Ali bin Muhammad bin Ahmad bin Rasyid bin Barid bin Muhammad bin Musyrif bin 'Umar, dari Bani Tamim.

Kelahirannya.

Beliau dilahirkan di Uyainah pada tahun 1115 Hijriah, di sebuah keluarga yang terpandang dalam bidang ilmu, kedudukan, dan agama. Ayahnya seorang ulama besar, sedangkan kakeknya, Sulaiman, adalah seorang ulama Najed di zamannya.

Pertumbuhannya.

Beliau hafal al-Quran sebelum berusia sepuluh tahun. Beliau belajar fikih sehingga memiliki wawasan fikih yang luas. Ayah beliau mengagumi kekuatan hafalannya. Beliau banyak membaca kitab tafsir dan hadits, serta bersungguh-sungguh mencari ilmu, siang dan malam. Beliau menghafal matan-matan ilmiah dalam berbagai bidang ilmu. Beliau mengadakan perjalanan ke Madinah dan belajar dari para ulamanya, di antaranya adalah Syaikh 'Abdullah bin Ibrahim asy-Syamari, puteranya yang termasyhur Ibrahim asy-Syamari, penulis kitab al-'Adzbul Faaidh fi Syarhi Alfiyatil Faraaidh. Kedua ulama ini mengenalkan beliau kepada seorang ahli hadits yang termasyhur, yaitu Muhammad Hayah as-Sindi, lantas beliau belajar ilmu hadits dan rijalul hadits kepadanya, serta mendapatkan ijazah darinya untuk mengajarkan kitab-kitab induk. Syaikh Muhammad bin 'Abdul Wahhab rahimahullah dikaruniai Allah pemahaman yang tajam dan kecerdasan yang luar biasa. Beliau tekun membaca, mengkaji dan menulis. Banyak ilmu yang melekat di otak beliau selama beliau membaca dan mengkaji. Beliau tidak bosan menulis, bahkan banyak menyalin tulisan-tulisan Ibnu Taimiyyah dan Ibnu Qayyim rahimahumallah. Beberapa manuskrip berharga yang ditulis dengan pena beliau yang encer, tersimpan di beberapa museum. Setelah ayah beliau wafat pada tahun 1153 H, beliau mengumumkan secara terang-terangan dakwah Salafiyah yang mengajak kepada tauhid, mengingkari kemungkaran, dan menyerang para pelaku bid'ah dari kalangan penyembah berhala. Beliau didukung oleh para penguasa dari keluarga Raja Su'ud, sehingga kekuatan beliau menjadi kokoh dan beritanya tersebar luas.

Tulisan-tulisannya.

Beliau rahimahullah mempunyai banyak karya tulis yang bermanfaat. Kami sebutkan di antaranya adalah:

1. Kitab at-Tauhiid.

2. Kitab Kasyfusy Syubuhaat.

3. Kitab al-Kabaair.

4. Kitab Tsalaatsatul Ushuul.

5. Kitab Mukhtasharul Inshaaf wasy Syarhul Kabiir.

6. Kitab Mukhtashar Zaadul Ma'aad.

7. Beliau mempunyai fatwa-fatwa dan makalah yang dihimpun dan diberi judul Majmuu'atu Muallafaatil Imam Muhammad bin 'Abdul Wahhab yang disusun di bawah koordinasi Universitas Imam Muhammad bin Su'ud.

Wafatnya.

Beliau rahimahullah wafat pada tahun 1206 H, semoga Allah memberikan limpahan rahmat kepada beliau dan memberikan balasan yang sebaik-baiknya kepada beliau atas jasa-jasa beliau terhadap Islam dan kaum muslimin. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar dan Mengabulkan. Segala puji bagi Allah. Shalawat dan salam semoga dilimpahkan kepada Nabi kita Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam juga kepada segenap keluarga dan shahabatnya.

Ditulis oleh:
Al-Faqir ilallah 'Azza wa Jalla
Fahd bin Nashir bin Ibrahim as-Sulaiman.

===

Maraji'/ sumber:
Kitab: Syarh Tsalaatsatil Ushuul, Penulis Matan: Syaikhul Islam Muhammad bin 'Abdul Wahhab rahimahullah, Penulis Syarah: Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin rahimahullah, Penyusun: Syaikh Fahd bin Nashir bin Ibrahim as-Sulaiman, Penerbit: Darul Tsarya, Riyadh - Kerajaan Arab Saudi, Cetakan III, Tahun 1997 M, Judul Terjemahan: Syarah Tsalaatsatul Ushuul (Mengenal Allah, Rasul dan Dinul Islam, Penjelasan Singkat Tentang Ilmu-ilmu yang Wajib Diketahui Setiap Muslim), Penerjemah: Hawin Murtadlo, Salafuddin Abu Sayyid, Editor: Muhammad Albani, Penerbit: Al-Qowam, Sukoharjo - Indonesia, Cetakan XIII, Maret 2016 M.

===

Wakaf dari Ibu Anny - Jakarta untuk Perpustakaan Baitul Kahfi Tangerang.
Semoga Allah menjaganya dan memudahkan segala urusan kebaikannya.

===

Abu Sahla Ary Ambary bin Ahmad Awamy bin Muhammad Noor al-Bantani
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog