Skip to main content

Hadits Pertama | Hadits-hadits Dha'if yang Biasa Menyebar di Bulan Ramadhan | Meneladani Shaum Rasulullah

Shifatu Shaumin Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam fii Ramadhaan.

Syaikh Abu Usamah Salim bin 'Ied al-Hilali dan Syaikh 'Ali Hasan 'Ali 'Abdul Hamid hafizhahumallaah.

Meneladani Shaum Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam.

Keduapuluhtiga.

Hadits-hadits Dha'if yang Biasa Menyebar di Bulan Ramadhan.

Di antara hadits-hadits dha'if yang penyebutannya populer di tengah-tengah ummat manusia pada bulan Ramadhan adalah sebagai berikut:

1. "Seandainya hamba-hamba ini mengetahui apa yang terdapat di bulan Ramadhan, niscaya ummatku akan terus berangan-angan agar Ramadhan itu terus berlangsung sepanjang tahun. Sesungguhnya Surga itu akan dihiasi untuk menyambut Ramadhan, dari kepala tahun ke tahun berikutnya..." dan seterusnya yang merupakan hadits panjang.

Hadits ini diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah (no. 1886), Ibnul Jauzi di dalam Kitaabul Maudhuu'aat (II/ 188-189), Abu Ya'la di dalam Musnadnya, sebagaimana terdapat dalam kitab al-Mathaalibul 'Aaliyah (manuskrip) melalui jalan Jarir bin Ayyub al-Bajali, dari asy-Sya'bi, dari Nafi' bin Burdah dari Abu Mas'ud al-Ghafari.

Ini adalah hadits maudhu'. Letak permasalahannya ada pada Jarir bin Ayyub. Di dalam kitab Lisaanul Miizaan (II/ 101), al-Hafizh Ibnu Hajar rahimahullah menulis biografinya seraya mengatakan: "Dia itu seorang yang masyhur dengan kedha'ifannya." Kemudian dia menukil ungkapan Abu Nu'aim, yang di dalamnya disebutkan: "Dia yang menyebabkan hadits menjadi maudhu'." Dan dari ungkapan al-Bukhari: "Dia munkarul hadits." Sedangkan dari an-Nasa-i: "Dia berstatus matruk."

Ibnu Jauzi menghukuminya dengan maudhu'. Setelah meriwayatkan, Ibnu Khuzaimah mengatakan, "Kalau toh khabar itu shahih, maka sesungguhnya di dalam hati masih terdapat Jarir bin Ayyub al-Bajali."

Baca selanjutnya:

===

Maraji'/ Sumber:
Kitab: Shifatu Shaumin Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam fii Ramadhaan, Penulis: Syaikh Abu Usamah Salim bin 'Ied al-Hilali dan Syaikh 'Ali Hasan 'Ali 'Abdul Hamid hafizhahumallaah, Penerbit: al-Maktabah al-Islamiyyah, Amman - Yordania, Cetakan IV, Tahun 1412 H/ 1992 M, Judul Terjemahan: Meneladani Shaum Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam, Penerjemah: M. Abdul Ghoffar E.M, Muraja'ah Terjemah: Taufik Saleh Alkatsiri, Penerbit: Pustaka Imam asy-Syafi'i - Indonesia, Cetakan Kedua, Rabi'ul Akhir 1426 H/ Agustus 2005 M.

===

Abu Sahla Ary Ambary bin Ahmad Awamy bin Muhammad Noor al-Bantani
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog