Skip to main content

Sifat Shalat Nabi: Salah Paham dan Jawabannya (2/4)

Pendahuluan

Edisi Pertama

5. Salah Paham dan Jawabannya (2/4)

Jika ada yang berpendapat, sekiranya riwayat yang dikatakan dari Imam Malik itu bathil, mengapa Imam Malik bersikap enggan menerima tawaran Khalifah al-Manshur untuk menyatukan pendirian semua orang dengan kitabnya al-Muwaththa' dan beliau tidak menjawab semacam itu kepadanya?

Aku jawab: Riwayat terbaik yang aku temui adalah yang diriwayatkan oleh al-Hafizh Ibnu Katsir rahimahullaah dalam kitab Syarah Ikhtishar 'Ulumil Hadits halaman 31, bahwa Imam Malik rahimahullaah berkata:

"Para 'ulama telah mengumpulkan dan mengetahui perkara-perkara yang tidak kami ketahui."

Hal ini membuktikan betapa besar kesadaran beliau dan keluasan 'ilmunya, sebagaimana dinyatakan oleh Ibnu Katsir.

Yang jelas, perselisihan dan perbedaan pendapat itu seluruhnya buruk, bukan merupakan suatu rahmat. Oleh karena itu, ada perbedaan pendapat yang menimbulkan dosa, seperti perbedaan pendapat yang timbul karena sikap fanatik madzhab, tetapi ada juga perbedaan pendapat yang tidak menimbulkan dosa, seperti perbedaan pendapat di kalangan Shahabat radhiyallaahu 'anhum, tabi'in, dan para imam rahimahumullaah. Semoga Allah memasukkan kami dalam golongan mereka dan diberi taufik untuk mengikuti jejak mereka.

Jadi, jelaslah bahwa perbedaan dan perselisihan pendapat di kalangan Shahabat radhiyallaahu 'anhum berbeda dengan yang terjadi di kalangan ahli taqlid.

Bersambung...

===

Maraji'/ Sumber:
Kitab: Shifatu Shalaati an-Nabiyyi Shallallaahu 'alaihi wa Sallama min at-Takbiiri ilaa at-Tasliimi Ka-annaka Taraaha, Penulis: Imam Muhammad Nashiruddin al-Albani rahimahullaah, Penerbit: Maktabah al-Ma'aarif, Riyadh - Kerajaan Arab Saudi, Cetakan Kedua Edisi Revisi, Tahun 1996 M/ 1417 H, Judul terjemahan: Sifat Shalat Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam, Penerjemah: Muhammad Thalib, Penerbit: Media Hidayah, Yogyakarta - Indonesia, Cetakan 13.

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===
Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog