Skip to main content

Adabul Mufrad (1)

Adabul Mufrad

Berbakti kepada kedua orang tua

1. Bab Firman Allah Ta'ala: Dan Kami wasiatkan kepada manusia untuk bergaul dengan kedua orang tuanya dengan baik.

1. 'Abdullah bin Mas'ud radhiyallaahu 'anhu berkata, "Aku bertanya kepada Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam, 'Perbuatan apa yang paling dicintai Allah?' Beliau Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda, 'Shalat pada waktunya.' Lalu aku bertanya lagi, 'Lalu?' Beliau Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda, 'Lalu berbakti kepada kedua orang tua (1).' Kemudian aku bertanya lagi, 'Lalu?' Beliau Shallallaahu 'alaihi wa Sallam berkata, 'Lalu berjuang di jalan Allah'."

'Abdullah bin Mas'ud radhiyallaahu 'anhu berkata, "Beliau Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda demikian kalau sekiranya aku meminta tambah, beliau Shallallaahu 'alaihi wa Sallam akan menambahnya." (2)

Bersambung...

===

(1) Diletakkannya shalat pada waktunya sebelum bakti kepada orang tua adalah menunjukkan besarnya nilai perbuatan yang satu ini. Perhatian seorang Muslim pada waktu shalat menunjukkan perhatiannya pada Islam. Dengan demikian selama dia memperhatikan waktu shalat, agama selamanya akan tegak di dalam dirinya.

(2) Ketiganya adalah tiga hal utama dalam pribadi seorang Muslim. Seorang yang selalu melaksanakan shalat pada waktunya berarti hubungannya baik dengan Allah Ta'ala. Seorang yang berbakti kepada kedua orang tuanya berarti hubungannya baik dengan manusia. Adapun berjuang di jalan Allah adalah bukti kesempurnaan imannya.

===

Maraji'/ Sumber:
Kitab: Adabul Mufrad, Penulis: Imam al-Bukhari rahimahullaah, Penerjemah: Muhammad Khalid Abri, Penerbit: Syiar Semesta, Cetakan I, Mei 2004 M.

===

Layanan gratis estimasi biaya rangka atap baja ringan, genteng metal, dan plafon gypsum:
http://www.bajaringantangerang.com

===
Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog