Skip to main content

Manajemen Umur: Hal-hal yang menyebabkan panjang umur: Lakukan 'amal yang berpahala ganda: Shalat di malam Lailatul Qadr

Manajemen Umur - Resep Sunnah menambah pahala dan usia

Hal-hal yang menyebabkan panjang umur

Lakukan 'amal yang berpahala ganda

5. Shalat di malam Lailatul Qadr.

Berlomba-lombalah dalam mendirikan shalat pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan, walaupun engkau mengkhawatirkan akan melewatkan hal-hal yang berhubungan dunia. Dengan begitu, engkau dapat memperoleh malam Lailatul Qadr yang pahalanya sangat besar.

Mengisi malam Lailatul Qadr, yaitu salah satu malam ganjil pada sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan, dengan shalat lebih utama di sisi Allah daripada 'ibadah selama seribu bulan. Sesuai dengan firman Allah:

"Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan."
(Qur-an Surat al-Qadr: ayat 3)

Dengan kata lain, pahalanya lebih baik daripada pahala beribadah selama 83 tahun tiga bulan. Seandainya seorang muslim mendapatkan Lailatul Qadr selama 20 tahun, maka akan dicatat baginya -dengan izin Allah- pahala lebih daripada 1.666 tahun (83,33 x 20 = 1.666,33 tahun). Bukankah ini memperpanjang umur yang tertulis dalam kitab 'amal engkau. Jangan bermimpi hal ini terjadi pada engkau, tapi wujudkanlah dalam kenyataan!

Imam Fakhruddin ar-Razi berkata dalam tafsirnya, "Ketahuilah, barangsiapa yang menghidupkan malam tersebut, maka seakan ia beribadah kepada Allah selama 80 tahun lebih. Barangsiapa menghidupkan setiap tahunnya, maka seakan ia telah dikaruniai umur yang sangat panjang." (82)

Kini kita lihat kebanyakan manusia seolah "mengharamkan" kebaikan ini atas diri mereka. Mereka saling berlomba-lomba untuk tidak mengisi malam-malam bulan Ramadhan, khususnya 10 hari terakhir. Engkau biasa menyaksikan mereka menghabiskan malam-malam mereka di pusat-pusat perbelanjaan, tempat nongkrong, bioskop-bioskop, atau terbuai dengan hal-hal yang melalaikan dari bulan Ramadhan. Padahal rumah orang-orang shalih terdahulu -semoga Allah merahmati mereka- dan masjid-masjid pada bulan Ramadhan selalu dihidupkan dengan 'ibadah, dzikir dan shalat. Engkau pun bisa menyaksikan orang-orang pada zaman sekarang mengunjungi pusat-pusat perbelanjaan atau mal-mal dari awal hingga akhir Ramadhan untuk menyiapkan keperluan pada saat hari raya Ied. Umur mereka habis percuma. Kebaikan mereka sangat sedikit. Tak ada daya dan upaya kecuali hanya milik Allah.

Pada malam Lailatul Qadr juga ditetapkan perjalanan masa depan pada tahun mendatang, selain juga ditetapkan ajal. Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah. Sebagai penjelasan tambahan, bacalah tafsir firman Allah:

"Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah."
(Qur-an Surat ad-Dukhaan: ayat 4)

Untuk itu, marilah kita berlomba-lomba dan bersemangat untuk berdzikir kepada Allah, bertasbih, membaca al-Qur-an dan tunduk kepada Allah. Dengan begitu, engkau memohon kepada Allah keselamatan di dunia dan akhirat. Jauhkanlah diri engkau dari hal-hal yang melalaikan, seperti mal-mal, cafe, dan tempat-tempat hiburan yang menyebabkan engkau kehilangan kebaikan yang amat besar.

Bersambung...

===

(82) Kitab Tafsir al-Kabir, ar-Razi, 32/31.

===

Maraji'/ Sumber:
Kitab: Kaifa Tu-thilu 'Umruka al-Intaajii, Penyusun: Muhammad bin Ibrahim an-Nu'aim, Pengantar: Syaikh Dr. Shalih bin Ghanim as-Sadlan, Syaikh 'Abdurrahim bin Ibrahim al-Hasyim, Penerbit: Daar adz-Dzakhair, Dammam - Arab Saudi, Cetakan ke-3, Tahun 1422 H, Judul terjemah: Manajemen Umur, Resep Sunnah Menambah Pahala dan Usia, Penerjemah: M. Yasir 'Abdul Muthalib Lc, Penerbit: Pustaka at-Tazkia, Jakarta - Indonesia, Cetakan Pertama, Rabi'ul Awwal 1426 H/ Mei 2005 M.

===

Layanan gratis estimasi biaya rangka atap baja ringan, genteng metal, dan plafon gypsum:
http://www.bajaringantangerang.com

===
Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog