Skip to main content

Para 'ulama Ahlus Sunnah tidak melarang kaum muslimin untuk beribadah kepada Allah, akan tetapi para 'ulama Ahlus Sunnah melarang kaum muslimin dari perbuatan bid'ah dalam agama (5)

Para 'ulama Ahlus Sunnah tidak melarang kaum muslimin untuk beribadah kepada Allah Subhaanahu wa Ta'aala, akan tetapi para 'ulama Ahlus Sunnah melarang kaum muslimin dari perbuatan bid'ah dalam agama (5)

Faidah yang dapat dipetik:

Faidah yang kita ambil dari kisah di atas adalah bahwa kita hanya diperintah untuk ittiba' (mengikuti) dan tidak boleh mengada-ada perkara yang baru dari kita sendiri (berbuat bid'ah) walaupun hanya dalam hal lafazh do'a. Bagaimana halnya dengan mengadakan perayaan besar yang tidak pernah dirayakan oleh Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam?!

Intinya: Para 'ulama Ahlus Sunnah tidak pernah melarang kaum Muslimin untuk melakukan ibadah kepada Allah Subhaanahu wa Ta'aala. Akan tetapi para 'ulama Ahlus Sunnah melarang kaum Muslimin dari perbuatan bid'ah. Dan bid'ah itu ada dua macam. Adakalanya bid'ah itu tidak memiliki dalil sama sekali, namun adakalanya perbuatan bid'ah itu memiliki dalil yang umum, namun tidak memiliki dalil secara khusus. Untuk itu para 'ulama membagi bid'ah kepada bid'ah hakikiyyah dan bid'ah idhafiyyah. Sebelum kita membahas kedua macam bid'ah ini, mari kita lihat terlebih dahulu nukilan dari dua orang pembesar 'ulama Syafi'iyyah tentang masalah pelarangan dari apa yang dianggap oleh orang-orang sebagai bentuk 'ibadah yang dapat mendekatkan diri seseorang kepada Allah, tapi ternyata hal itu tidak lain adalah perbuatan bid'ah yang terlarang. Maka wajib bagi kaum Muslimin untuk melarangnya.

Bersambung...

===

Maraji'/ Sumber:
Judul buku: Benarkah Shalahuddin al-Ayubi merayakan Maulid Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam?, Penulis: Ustadz Ibnu Saini bin Muhammad bin Musa rahimahullaah, Muraja'ah: Ustadz 'Abdul Hakim bin Amir Abdat hafizhahullaah, Penerbit: Maktabah Mu'awiyah bin Abi Sufyan, Jakarta - Indonesia, Cetakan ketiga, Syawwal 1435 H/ Agustus 2014 M.

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===
Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog