Skip to main content

Para 'ulama Ahlus Sunnah tidak melarang kaum muslimin untuk beribadah kepada Allah, akan tetapi para 'ulama Ahlus Sunnah melarang kaum muslimin dari perbuatan bid'ah dalam agama (2)

Para 'ulama Ahlus Sunnah tidak melarang kaum muslimin untuk beribadah kepada Allah Subhaanahu wa Ta'aala, akan tetapi para 'ulama Ahlus Sunnah melarang kaum muslimin dari perbuatan bid'ah dalam agama (2)

Atsar kedua:

Begitu juga dengan kisah Imam Sa'id bin Musayyib rahimahullaah -seorang tabi'in terkemuka-, dimana beliau pernah melihat ada seorang laki-laki yang shalat qabliyyah Shubuh lebih dari dua raka'at -padahal yang disunnahkan hanyalah dua raka'at saja- dimana orang itu ruku' dan sujud dengan ruku' dan sujud yang lama sekali. Melihat hal tersebut, maka Sa'id bin Musayyib pun melarang orang itu dari perbuatannya. Setelah orang itu mendengar nasihat yang baik dari Sa'id bin Musayyib, orang itu justru mengejek seraya berkata: "Wahai Abu Muhammad (panggilan Sa'id bin Musayyib)! Apakah Allah Subhaanahu wa Ta'aala akan mengadzabku lantaran aku melaksanakan shalat?! Mendengar ucapan orang itu, Sa'id bin Musayyib berkata:

Tidak, Allah Subhaanahu wa Ta'aala tidak akan mengadzabmu lantaran kamu melaksanakan shalat. Akan tetapi Allah akan mengadzabmu lantaran kamu telah menyelisihi Sunnah (Nabimu Shallallaahu 'alaihi wa Sallam). (152)

Bersambung...

===

(152) Kisah ini telah diriwayatkan oleh Imam al-Baihaqi di dalam kitab as-Sunanul Kubra 2/466, Imam al-Khatib al-Baghdadi di dalam kitabnya al-Faqih wal Mutafaqqih 1/147, Imam 'Abdurrazzaq di dalam kitab al-Mushannaf 3/52, Imam ad-Darimi di dalam kitab Sunannya 1/116. Dan sanadnya telah dishahihkan oleh Syaikh al-'Allamah 'Ali al-Halabi di dalam kitabnya 'Ilmu Ushulil Bida' halaman 71.

===

Maraji'/ Sumber:
Judul buku: Benarkah Shalahuddin al-Ayubi merayakan Maulid Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam?, Penulis: Ustadz Ibnu Saini bin Muhammad bin Musa rahimahullaah, Muraja'ah: Ustadz 'Abdul Hakim bin Amir Abdat hafizhahullaah, Penerbit: Maktabah Mu'awiyah bin Abi Sufyan, Jakarta - Indonesia, Cetakan ketiga, Syawwal 1435 H/ Agustus 2014 M.

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===
Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog