Skip to main content

Alam jin menurut al-Qur-an dan as-Sunnah: Catatan keduabelas atas buku Dialog dengan jin Muslim

Alam jin menurut al-Qur-an dan as-Sunnah

Bab ketiga

Catatan atas buku Dialog dengan jin Muslim

Catatan keduabelas:

Koreksian selanjutnya pada halaman 117 dan 118, dengan judul Bagaimana jin atau syaithan menzinahi manusia, Muhammad Isa Dawud berkata:

Bagaimana pendapatmu tentang sabda Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam yang menyatakan, "Apabila seseorang mencampuri isterinya tanpa menyebut nama Allah, maka jin akan bergabung dengannya dan melakukan persenggamaan bersamanya?" (62)

Saya berkata: Ini adalah hadits yang tidak sah sama sekali. Hadits ini sangat menakutkan dan terlalu berat. Memang disukai bagi seorang suami yang akan mencampuri isterinya untuk membaca do'a bersenggama dan hukumnya sunnat, tidak wajib. Yaitu do'a yang berbunyi:

بِسْمِ اللّهِ اَللّهُمَّ جَنِّبْنَا الشَّيْطَانَ وَجَنِّبِ الشَّيْطَانَ مَارَزَقْتَنَا

Bismillaahi allaahumma jannibnasy syaithaana wa jannibisy syaithaana maa razaqtanaa

Dengan menyebut nama-Mu Ya Allah, jauhkanlah kami dari syaithan-syaithan dan jauhkanlah syaithan-syaithan dari apa yang Engkau anugerahkan kepada kami. (63)

Do'a di atas sudah mencukupi dan hukumnya sunnat. Maka kalau seseorang mengucapkannya dan kemudian lahir seorang anak, insya Allahu Ta'ala syaithan tidak akan mengganggunya. Namun tidak berarti bahwa selama hidupnya dia tidak terkena gangguan syaithan, ini menyalahi kenyataan. Maksud yang benar dari hadits tersebut adalah bahwa syaithan tidak akan dapat mengkafirkan anak itu.

Akan tetapi untuk mengatakan, "Apabila seseorang mencampuri isterinya tanpa menyebut nama Allah, maka jin akan bergabung dengannya dan melakukan persenggamaan bersamanya," (64) hadits yang digunakan sebagai dalil adalah bathil.

Bersambung...

===

(62) Hadits ini diriwayatkan oleh Imam Ibnu Jarir ath-Thabari dalam kitab Tafsirnya dan Imam al-Hakiim at-Tirmidzi dalam kitab Nawadirul Ushul, sebagaimana yang dikatakan oleh pengarang (Muhammad Isa Dawud).

(63) Dari hadits Ibnu 'Abbas radhiyallaahu 'anhuma, dan lafazh lengkapnya adalah sebagai berikut:

Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda, "Apabila salah seorang di antara kamu bermaksud untuk mencampuri isterinya, maka hendaklah dia mengucapkan: Dengan menyebut nama-Mu Ya Allah, jauhkanlah kami dari syaithan dan jauhkanlah syaithan dari apa yang Engkau anugerahkan kepada kami. Karena bila Allah menakdirkan lahirnya seorang anak dari hubungan itu, maka niscaya dia tidak akan diganggu syaithan untuk selama-lamanya."

Hadits muttafaq 'alaih Imam al-Bukhari nomor 141, 3271, dan 3283. Dan Imam Muslim nomor 1434, juga telah diriwayatkan oleh Imam Ahmad 1/216 dan Imam Abu Dawud nomor 2161 dan yang lainnya, lihat kitab Misykatul Mashaabih nomor 2416.

(64) Memang tidak diingkari bahwa jin dapat menyetubuhi wanita dari kalangan manusia dan perkara pernikahan antara bangsa jin dan manusia memang dapat terjadi. Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullaah berkata dalam kitab Majmu' Fatawa 19/39, "Telah terjadi pernikahan antara manusia dan jin dan dapat menghasilkan keturunan. Dan ini banyak (terjadi) dan telah diketahui (oleh khalayak umum)."

Namun kebanyakan para 'ulama telah melarangnya, berdasarkan ayat:

"Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir."
(Qur-an Surat Rum: ayat 21)

Lihat kitab 'Alaamul jinni wasy syayathiin karya Dr. Sulaiman al-Asyqar halaman 28-29. Wallaahu a'lam.

===

Maraji'/ Sumber:
Buku: Alam jin menurut al-Qur-an dan as-Sunnah, bantahan terhadap buku Dialog dengan jin Muslim, Penulis: Ustadz 'Abdul Hakim bin Amir Abdat hafizhahullaah, Penyusun: Ustadz Ibnu Saini bin Muhammad bin Musa rahimahullaah, Penerbit: Darul Qolam, Jakarta - Indonesia, Cetakan kedua, Tahun 1425 H/ 2004 M.

===

Layanan gratis estimasi biaya rangka atap baja ringan, genteng metal, dan plafon gypsum:
http://www.bajaringantangerang.com

===
Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog