Skip to main content

Dari mana datangnya rezeki? | Kisah rezeki dan harta | Anda dan Harta

Anda dan harta

Kisah rezeki dan harta

Dari mana datangnya rezeki?

Dari mana datangnya rezeki? Ini pertanyaan lama yang pernah dilontarkan oleh Zakaria 'alaihis salaam kepada Maryam al-Batul (wanita yang hidup melajang, tidak menikah). Allah berfirman,

"Maka Rabbnya menerima dengan penerimaan yang baik dan menumbuhkan tumbuhan yang baik baginya. Dia (Allah) menyerahkan perawatannya pada Zakaria. Setiap kali Zakaria masuk ke dalam mihrabnya (tempat 'ibadah), Zakaria menemukan rezeki di sisinya. Dia (Zakaria) berkata, 'Wahai Maryam, dari mana datangnya ini?' Dia (Maryam) menjawab, 'Dia (rezeki) datang dari Allah.' Sesungguhnya Allah memberi rezeki pada orang yang Dia kehendaki tanpa perhitungan."
(Qur-an Surat Ali 'Imran: ayat 37)

Maryam hidup sendirian di sebuah kamar untuk beribadah kepada Allah. Dia tidak keluar dari kamar ini dan tidak seorangpun masuk dalam kamar ini kecuali Zakaria 'alaihis salaam yang merawatnya. Dia mendatangi Maryam dengan membawa makanan dan minuman yang dibutuhkan. Akan tetapi setiap kali Zakaria mendatangi Maryam, dia terkejut dengan adanya buah-buahan musim dingin di musim panas dan buah-buahan musim panas di musim dingin. Zakaria terkejut dengan kejadian itu, kemudian dia bertanya, "Dari mana datangnya rezeki ini kepadamu?" Maryam menjawab, "Sesungguhnya rezeki itu datang dari sisi Allah Yang memberi rezeki pada orang yang Dia kehendaki. Dia adalah sebaik-baik pemberi rezeki."

Baca selanjutnya:

Kembali ke Daftar Isi Buku ini.

Kembali ke Daftar Buku Perpustakaan ini.

===

Maraji'/ Sumber:
Kitab: Anta wal maala, Penulis: Syaikh Adnan ath-Tharsyah, Penerbit: Maktabah Wahbah - Kairo, Judul terjemah: Anda dan harta, Penerjemah: Taufik Damas Lc, Penerbit: Pustaka al-Kautsar, Jakarta - Indonesia, Cetakan I, Juli 2004 M.

===

Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog