Skip to main content

Kisah Isra' Mi'raj yang shahih: Ketika perjalanan isra'

Mabhats

Kisah Isra' Mi'raj yang shahih

Ketika perjalanan isra'

* Pada malam aku diisra'kan, aku melewati Musa di dekat bukit pasir merah, dia sedang berdiri shalat di dalam kuburnya. (7)
(Di dalam masjid Baitul Maqdis) aku bertemu sekelompok para Nabi. Saat itu Musa sedang shalat, dia seorang laki-laki yang tinggi, ramping dan kurus, rambutnya keriting, seperti laki-laki suku Syanuah. 'Isa juga sedang shalat, (dia seorang laki-laki yang sedang, berkulit merah, seolah-olah baru keluar dari pemandian) (8), orang yang paling mirip dengannya ialah 'Urwah bin Mas'ud ats-Tsaqafi. Ibrahim juga sedang shalat, orang yang paling mirip dengannya ialah kawanmu ini (Nabi Muhammad Shallallaahu 'alaihi wa Sallam sendiri). Kemudian masuk waktu shalat. (9)

* Lalu aku shalat di dalamnya sebagai imam dengan semua para Nabi dan Rasul (10). (Pada riwayat lain: Lalu aku masuk masjid dan shalat 2 raka'at di dalamnya) (11).

* Setelah aku selesai shalat, ada yang berkata: "Hai, Muhammad! Ini adalah Malik, penjaga Neraka, ucapkan salam kepadanya!" Maka aku menoleh kepadanya, tetapi dia mendahuluiku dengan salam. (12)

* Kemudian Jibril membawakan kepadaku sebuah tempat minum yang berisi susu, dan sebuah tempat minum yang berisi madu. (13)
Lalu aku memilih susu, Jibril berkata: "Engkau telah memilih fithrah." (14)

Bersambung...

===

(7) Hadits Riwayat Imam Muslim nomor 164, Imam an-Nasa-i dalam kitab Qiyamul Lail, dan Imam Ahmad 3/148, 248. Kitab Isra' wal Mi'raj halaman 25-26, 49-50.

(8) Hadits Riwayat Imam al-Bukhari, Imam Muslim, Imam Ahmad, Imam al-Baghawi. Kitab Isra' wal Mi'raj halaman 7.

(9) Hadits Riwayat Imam Muslim nomor 278, dari Abu Salamah bin 'Abdurrahman dari Abu Hurairah dari Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam. Kitab Isra' wal Mi'raj halaman 8.

(10) Lihat catatan kaki nomor 2.

(11) Lihat catatan kaki nomor 3.

(12) Lihat catatan kaki nomor 5.

(13) Lihat catatan kaki nomor 3.

(14) Lihat catatan kaki nomor 3, tentang peristiwa didatangkannya gelas-gelas berisi minuman kepada Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam terjadi dua kali. Pertama, sebelum mi'raj, didatangkan dua tempat minum yang berisi khamr dan susu. Kedua, setelah mi'raj, didatangkan tiga tempat minum yang berisi khamr, susu, dan madu. Yang kedua ini akan disebutkan di bawah. Lihat kitab Fat-hul Bari 10/73.

===

Maraji'/ Sumber:
Majalah as-Sunnah, Upaya menghidupkan sunnah, Edisi 06/ Tahun VI/ 1423-2002 M.

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===
Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog