Skip to main content

Adabul Mufrad (8)

Kitab Adabul Mufrad (8)

Kitab Berbakti kepada kedua orang tua

Bab 5: Ucapan yang lemah lembut kepada orang tua.

8. Thaisalah bin Nayyas berkata, "Ketika aku bersama teman-teman Najdah bin Amir, aku lalu melakukan perbuatan dosa yang aku menganggapnya sebagai dosa besar. Lalu aku ceritakan hal itu kepada 'Abdullah bin 'Umar radhiyallaahu 'anhuma. Beliau bertanya, 'Perbuatan apa yang engkau lakukan?' Maka kuceritakan perbuatanku itu. Beliau menjawab, 'Itu bukan salah satu dosa besar, dosa besar itu ada sembilan:

Mempersekutukan Allah, membunuh orang, lari dari pertempuran, memfitnah seorang wanita (dengan tuduhan berzina), makan riba, makan harta anak yatim, berbuat maksiat di dalam masjid, menghina, dan menyebabkan tangisnya kedua orang tua karena durhaka kepada keduanya.

'Abdullah bin 'Umar lalu bertanya, 'Apakah engkau takut masuk Neraka dan ingin masuk Surga?' 'Betul,' jawabku. Beliau bertanya, 'Apakah kedua orang tuamua masih hidup?' 'Aku punya seorang ibu,' jawabku. Beliau berkata, 'Kalau sekiranya engkau melemah-lembutkan ucapanmu padanya dan membuatkan makanan baginya, engkau akan masuk Surga selama engkau menjauhi dosa-dosa besar'."

Bersambung...

===

Maraji'/ Sumber:
Kitab: Adabul Mufrad, Penulis: Imam al-Bukhari rahimahullaah, Penerjemah: Muhammad Khalid Abri, Penerbit: Syiar Semesta, Cetakan I, Mei 2004 M.

===

Layanan gratis estimasi biaya rangka atap baja ringan, genteng metal, dan plafon gypsum:
http://www.bajaringantangerang.com

===
Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog