Skip to main content

Kisah Isra' Mi'raj yang shahih: Mulai mi'raj ke atas langit (3)

Mabhats

Kisah Isra' Mi'raj yang shahih

Mulai mi'raj ke atas langit (3)

* 'Abdullah bin Mas'ud radhiyallaahu 'anhu berkata tentang firman Allah:

Sesungguhnya dia (Muhammad) telah melihat sebahagian tanda-tanda (kekuasaan) Rabbnya yang paling besar.
(Qur-an Surat an-Najm (53): ayat 18)

Beliau Shallallaahu 'alaihi wa Sallam melihat Jibril dalam bentuk aslinya, memiliki 600 sayap. (42) Pada riwayat lain ada tambahan bahwa beliau Shallallaahu 'alaihi wa Sallam melihatnya di dekat Sidratul Muntaha, dan dari bulu-bulu sayap Jibril bertaburan (berjatuhan) mutiara dan yakut. (43)

* Kemudian aku dinaikkan lagi sehingga aku naik ke Mustawa, aku mendengar suara pena-pena. (44)

* Kemudian aku dimasukkan ke Surga, tiba-tiba di sana ada mahligai-mahligai dari mutiara dan tanahnya dari kasturi. (Pada hadits lain: Tatkala Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam mi'raj, beliau Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda, "Ketika aku sedang berjalan di Surga, aku mendatangi sebuah sungai yang di kedua tepinya ada kubah-kubah terbuat dari mutiara. Maka aku berkata, 'Ini apa wahai Jibril?' Dia menjawab, 'Ini ialah al-Kautsar, yang Allah berikan kepadamu.' Maka aku (riwayat lain, Malaikat) menjulurkan tanganku (tangannya), ternyata tanahnya kasturi yang sangat harum dan kerikilnya mutiara.'" (45)

* Kemudian Allah mewajibkan 50 shalat (setiap hari) (46) atas ummatku. (47) (Pada riwayat lain: Lalu Allah mewahyukan kepadaku apa yang Dia wahyukan. Dan mewajibkan atasku 50 kali shalat setiap hari dan malamnya.) (48)

* Lalu aku kembali dengan (perintah) itu sehingga aku melewati Musa. (Pada riwayat lain: Lalu aku turun sampai kepada Musa) (49) Lalu dia (Musa) bertanya, "Apa yang telah Allah wajibkan bagimu dan atas ummatmu?" Aku menjawab, "Dia telah mewajibkan lima puluh kali shalat atas mereka." Musa berkata, (dalam riwayat lain: Sesungguhnya aku lebih tahu tentang manusia daripada kamu). (Riwayat lain: Aku telah berpengalaman dengan manusia sebelummu). Sesungguhnya aku telah memperbaiki bani Israil dengan susah payah. Sesungguhnya ummatmu tidak akan mampu melakukannya. Kembalilah kepada Rabbmu, mohonlah kepada-Nya untuk meringankanmu." (50) Lalu aku kembali kepada Rabbku dan mohon kepada-Nya untuk meringankan diriku, (Pada riwayat lain: Aku berkata, "Wahai Rabbku, ringankanlah ummatku!") Lalu Dia membalasku dan mengurangi 5. (51)
(Pada riwayat lain: sebagiannya, dan menjadikannya 40 shalat). (52)

* Lalu aku kembali kepada Musa, aku berkata, "Allah telah mengurangi 5 (53) (Pada riwayat lain: sebagiannya, dan menjadikannya 40 shalat)." Musa berkata, "Usullah kepada Rabbmu (untuk mengurangi lagi), sesungguhnya ummatmu tidak akan mampu melakukannya." Maka aku kembali kepada Rabbku, dan Dia mengurangi sebagiannya lagi, (dan menjadikannya 30 shalat). (54)

* Lalu aku kembali kepada Musa, aku berkata, "Allah telah mengurangi sebagiannya, (dan menjadikannya 30 shalat)." Musa berkata, "Usullah kepada Rabbmu (untuk mengurangi lagi), sesungguhnya ummatmu tidak akan mampu melakukannya." (55)

* Lalu aku kembali kepada Musa, aku berkata, "Allah telah mengurangi sebagiannya." Musa berkata, "Kembalilah kepada Rabbmu, sesungguhnya ummatmu tidak akan mampu melakukannya." Maka aku kembali kepada Rabbku, dan Dia mengurangi sebagiannya lagi (dan menjadikannya 20 shalat, kemudian 10 shalat, kemudian 5 shalat). (56) (Pada riwayat lain: Aku terus menerus bolak-balik antara Rabbku dan Musa, dan Allah mengurangi dariku 5 shalat, 5 shalat, sampai Allah berfirman,

"Wahai Muhammad! Kewajiban itu 5 kali shalat sehari semalam. Setiap satu shalat (pahalanya) 10, sehingga menjadi 50 shalat. Dan barangsiapa berniat dengan satu kebaikan, ditulis untuknya satu kebaikan. Jika dia telah mengamalkannya, ditulis untuknya 10 kebaikan. Dan barangsiapa berniat dengan satu keburukan, tetapi dia belum mengamalkannya, tidak ditulis sesuatupun. Jika dia telah mengamalkannya, ditulis atasnya satu keburukan." (57)

* Lalu aku kembali kepada Musa, aku memberitahukan kepadanya, Musa berkata, "Kembalilah kepada Rabbmu, sesungguhnya ummatmu tidak akan mampu melakukannya." Maka aku menjawab, "Sesungguhnya aku telah malu kepada Rabbku, karena telah berulang kali kembali kepada-Nya. Tetapi aku ridha dan menerima." (58)

* Lalu Allah berfirman, "(Kewajiban shalat) itu lima (kali) tetapi (pahalanya) lima puluh (shalat). Firmanku itu tidak akan dirubah." (Dalam riwayat lain: Setelah aku selesai, ada (suara) penyeru yang berseru, "Aku telah menetapkan ketetapan-Ku, dan telah meringankan hamba-Ku, dan Aku akan membalas satu (kebaikan) dengan sepuluh kali lipat." (59)

Bersambung...

===

(42) Hadits Riwayat Imam Muslim nomor 282.

(43) Hadits Riwayat Imam Ahmad, Imam Ibnu Jarir dan lainnya. Dihasankan oleh Imam al-Albani di dalam kitab Isra' wal Mi'raj halaman 101, 102.

(44) Dari riwayat Imam Ibnu Syihab dari Imam Ibnu Hazm dari Shahabat Ibnu 'Abbas dan Abu Habbah al-Anshari radhiyallaahu 'anhum dari Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam.

(45) Hadits Riwayat Imam al-Bukhari nomor 6581, Imam Ahmad dan lainnya.

(46) Lihat catatan kaki nomor 2.

(47) Dari riwayat Imam Ibnu Hazm dari Shahabat Anas bin Malik radhiyallaahu 'anhu dari Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam.

(48) Lihat catatan kaki nomor 3.

(49) Lihat catatan kaki nomor 3.

(50) Lihat catatan kaki nomor 2.

(51) Lihat catatan kaki nomor 3.

(52) Pada sebagian riwayat disebutkan, Allah mengurangi separuhnya, pada riwayat lain mengurangi 10, pada riwayat lain mengurangi 5. Maka yang terpakai pengurangan itu ialah 5 lalu 5 dan seterusnya. Lihat kitab Isra' wal Mi'raj halaman 12 karya Imam al-Albani.

(53) Lihat catatan kaki nomor 3.

(54) Lihat catatan kaki nomor 2.

(55) Lihat catatan kaki nomor 2.

(56) Lihat catatan kaki nomor 2.

(57) Lihat catatan kaki nomor 3.

(58) Lihat catatan kaki nomor 2.

(59) Lihat catatan kaki nomor 2.

===

Maraji'/ Sumber:
Majalah as-Sunnah, Upaya menghidupkan sunnah, Edisi 06/ Tahun VI/ 1423-2002 M.

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===
Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog