Skip to main content

Lakukan 'amal yang berpahala ganda: Menjadi muadzin atau mengikutinya (2)

Hal-hal yang menyebabkan panjang umur

Lakukan 'amal yang berpahala ganda

3. Menjadi muadzin atau mengikutinya (2).

Barra bin 'Azib radhiyallaahu 'anhu meriwayatkan sabda Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam:

"Sesungguhnya Allah dan Malaikat-Nya mendo'akan mereka yang berada pada shaf pertama. Dan muadzin diampuni dosa-dosanya sejauh gema suaranya, tumbuhan yang kering dan basah akan membenarkannya, dan orang yang shalat bersamanya akan mendapatkan pahala seperti dirinya." (72)

Bayangkan seandainya dalam masjid dekat rumah engkau, terdapat 100 orang yang shalat pada setiap shalat fardhu. Lalu engkau menjadi muadzin atau menjawab ucapan muadzin. Berarti engkau akan memperoleh 100 pahala ditambah pahala 'amal-amal lain seperti pahala 27 derajat, pahala hajji, pahala melangkahkan kaki ke masjid dan lainnya. Jika kita menghitung saja pahala yang engkau akan peroleh pada 'ibadah hajji, tentu engkau akan mendapatkan 100 pahala orang berhajji dengan asumsi seratus orang yang shalat. Dalam lima hari, engkau akan memperoleh 500 pahala orang berhajji. Dengan begitu, seakan umur engkau telah dipanjangkan sampai 500 tahun, dimana engkau berhajji setiap tahunnya.

Jika engkau mengumandangkan adzan untuk shalat Jum'at atau menjawab ucapan muadzin, di sebuah masjid jami' yang dihadiri oleh ribuan jama'ah yang shalat. Bayangkan, berapakah jumlah pahala yang akan engkau peroleh? Bagaimana bila engkau mengumandangkan adzan atau menjawab muadzin pada shalat 'Isya atau Shubuh. Dengan begitu, umur engkau akan bertambah panjang. 'Utsman bin Affan radhiyallaahu 'anhu meriwayatkan sabda Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam:

"Barangsiapa shalat 'Isya secara berjama'ah maka ia seperti melaksanakan shalat setengah malam. Dan barangsiapa shalat 'Isya dan Fajar (Shubuh) secara berjama'ah maka itu sama dengan melaksanakan shalat semalam penuh." (73)

Seandainya ada 100 orang jama'ah shalat 'Isya di masjid kompleks dimana engkau mengumandangkan adzan atau menjawab seruan adzan maka berarti engkau mendapatkan pahala orang-orang shalat sebanyak 500 malam pahala shalat malam (100 orang x 1/2 malam). Seakan umur engkau ditambah menjadi 500 malam. Semua itu diperuntukkan hanya untuk Allah semata. Itu untuk shalat 'Isya. Bagaimana jika engkau melakukannya juga pada shalat Shubuh. Tentu pahalanya akan berlipat ganda. Renungkanlah.

Bersambung...

===

(72) Untuk lebih detail lihat kitab Syarh as-Sunnah, al-Baghawi 2/271, kitab Fath ar-Rabbani 3/42-43, kitab Jami' al-Ushul 9/377.

(73) Diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud dengan lafazhnya 2/261, Imam at-Tirmidzi, ia berkata: Hadits ini hasan shahih, 2/22, dan dishahihkan oleh Imam al-Albani dalam kitab Shahih al-Jami' nomor 6342.

===

Maraji'/ Sumber:
Kitab: Kaifa Tu-thilu 'Umruka al-Intaajii, Penyusun: Muhammad bin Ibrahim an-Nu'aim, Pengantar: Syaikh Dr. Shalih bin Ghanim as-Sadlan, Syaikh 'Abdurrahim bin Ibrahim al-Hasyim, Penerbit: Daar adz-Dzakhair, Dammam - Arab Saudi, Cetakan ke-3, Tahun 1422 H, Judul terjemah: Manajemen Umur, Resep Sunnah Menambah Pahala dan Usia, Penerjemah: M. Yasir 'Abdul Muthalib Lc, Penerbit: Pustaka at-Tazkia, Jakarta - Indonesia, Cetakan Pertama, Rabi'ul Awwal 1426 H/ Mei 2005 M.

===

Layanan gratis estimasi biaya rangka atap baja ringan, genteng metal, dan plafon gypsum:
http://www.bajaringantangerang.com

===
Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog