Skip to main content

Para 'ulama Ahlus Sunnah tidak melarang kaum muslimin untuk beribadah kepada Allah, akan tetapi para 'ulama Ahlus Sunnah melarang kaum muslimin dari perbuatan bid'ah dalam agama (6)

Para 'ulama Ahlus Sunnah tidak melarang kaum muslimin untuk beribadah kepada Allah Subhaanahu wa Ta'aala, akan tetapi para 'ulama Ahlus Sunnah melarang kaum muslimin dari perbuatan bid'ah dalam agama (6)

Perkataan Imam Abu Syamah rahimahullaah:

Imam Abu Syamah berkata:

Dan telah jelas dengan taufik dari Allah Subhaanahu wa Ta'aala tentang kebenaran sikap siapa saja yang mengingkari sebagian dari perbuatan-perbuatan bid'ah, walaupun secara lahiriyahnya perbuatan itu adalah dalam bentuk shalat ataupun masjid, dan tidak peduli terhadap apa yang akan diperbuat oleh orang-orang bodoh yang akan berkata: "Bagaimana mungkin diperbolehkan mereka memerintahkan untuk menghancurkan masjid?! Padahal (mereka mengetahui) bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam dahulu pernah menghancurkan masjid Dhirar. Atau mereka yang akan berkata: Bagaimana mungkin seseorang dilarang untuk membaca al-Qur-an ketika sedang ruku' dan sujud?! (Maka kami katakan:) Bagaimana bila mereka mendengar hadits 'Ali yang diriwayatkan di dalam kitab Shahih Muslim (156): Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam melarangku untuk membaca al-Qur-an pada waktu ruku' dan sujud! Maka dari itu, (sederhana di dalam) mengikuti Sunnah itu lebih baik daripada khawatir terjerumus ke dalam perbuatan bid'ah. Walaupun secara lahiriyah perbuatan itu dalam bentuk shalat, kemudian dia meninggalkannya (lantaran khawatir terjerumus ke dalam perbuatan bid'ah). Dan mengikuti Sunnah itu akan lebih banyak memberikan faidah.

Bersambung...

===

(156) Kitab Shahih Muslim nomor 2078 dengan lafazh yang agak berbeda dengan apa yang disebutkan oleh Imam Abu Syamah.

===

Maraji'/ Sumber:
Judul buku: Benarkah Shalahuddin al-Ayubi merayakan Maulid Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam?, Penulis: Ustadz Ibnu Saini bin Muhammad bin Musa rahimahullaah, Muraja'ah: Ustadz 'Abdul Hakim bin Amir Abdat hafizhahullaah, Penerbit: Maktabah Mu'awiyah bin Abi Sufyan, Jakarta - Indonesia, Cetakan ketiga, Syawwal 1435 H/ Agustus 2014 M.

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===
Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog