Skip to main content

Manajemen Umur: Hal yang menyebabkan panjang umur: Lakukan 'amal yang berpahala ganda: Puasa pada hari-hari tertentu

Manajemen Umur - Resep Sunnah menambah pahala dan usia

Hal-hal yang menyebabkan panjang umur

Lakukan 'amal yang berpahala ganda

4. Puasa.

a. Puasa pada hari-hari tertentu.

Engkau dapat berpuasa selama 42 hari selama setahun -selain puasa Ramadhan- dan mendapatkan pahala sama dengan puasa 720 hari atau dua tahun. Bagaimana hal itu bisa terjadi?

Jika engkau ingin memperoleh pahala puasa selama setahun dengan tidak mengeluarkan banyak tenaga, atau tidak terkena larangan puasa setahun berturut-turut, maka kerjakanlah hal-hal berikut ini:

1. Biasakanlah berpuasa enam hari selama bulan Syawwal setelah bulan Ramadhan.

Abu Ayyub al-Anshari radhiyallaahu 'anhu meriwayatkan sabda Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam:

"Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan lalu ia mengikutinya dengan 6 hari puasa pada bulan Syawwal maka ia seperti berpuasa selama setahun." (78)

2. Biasakanlah berpuasa setiap bulan, yaitu hari ke-13, 14 dan 15 dari bulan Hijriyah, Jarir bin 'Abdullah radhiyallaahu 'anhu meriwayatkan sabda Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam:

"Berpuasa tiga hari pada setiap bulan, puasa dahr (setahun), puasa ayyamul bidh (13, 14, dan 15)." (79)

Atau, engkau bisa memilih tiga hari yang mana saja yang engkau kehendaki dalam sebulan untuk berpuasa. Abu Dzar al-Ghifari radhiyallaahu 'anhu meriwayatkan sabda Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam:

"Barangsiapa yang berpuasa tiga hari dalam setiap bulan maka puasa itu adalah puasa dahr (setahun)." Lalu Allah 'Azza wa Jalla menurunkan ayat yang membenarkan hal itu, "Barangsiapa membawa 'amal yang baik maka baginya pahala sepuluh kali lipat 'amalnya." (Qur-an Surat al-An'am: ayat 160). Yaitu, sehari berpuasa sama dengan 10 hari berpuasa."

Kesimpulannya, kebiasaan berpuasa 6 hari pada bulan Syawwal setelah bulan Ramadhan akan dicatat seperti pahala puasa setahun penuh. Bukan hanya itu, jika engkau menambah puasa tiga hari setiap bulan, yang berarti 36 hari selama setahun, maka pahala engkau ditambah setahun lagi, menjadi dua tahun.

Jika engkau menjaga kedua 'amal ini, akan dicatat untuk engkau pahala berpuasa selama dua tahun. Hanya dengan berpuasa selama 42 (6+36) hari saja dalam setahun selain Ramadhan, engkau akan mendapatkan pahala puasa sebanyak 720 hari (dua tahun). Jika engkau terus menerus melakukan 'amalan ini setiap tahun selama sepuluh tahun, akan dicatat untuk engkau pahala puasa selama 20 tahun. Renungkanlah karunia Allah yang begitu luas ini.

Bersambung...

===

(78) Diriwayatkan oleh Imam Ahmad, kitab al-Fath ar-Rabbani 10/221, Imam Muslim 8/56, Imam at-Tirmidzi 3/290, Imam Abu Dawud 7/86.

(79) Diriwayatkan oleh Imam an-Nasa-i 4/221, Imam Abu Ya'la dan Imam al-Baihaqi nomor 3853, dan dihasankan oleh Imam al-Arnauth dalam kitab Jami' al-Ushul 6/329, hadits ini disepakati oleh Imam al-Albani dalam kitab Shahih al-Jami' nomor 3849. Dalam lafazh riwayat Imam Muslim, disebutkan "Berpuasalah setiap bulan sebanyak tiga hari. Yang demikian itu (pahalanya seperti) puasa setahun." Diriwayatkan oleh 'Abdullah bin 'Amr bin Ash 8/48.

===

Maraji'/ Sumber:
Kitab: Kaifa Tu-thilu 'Umruka al-Intaajii, Penyusun: Muhammad bin Ibrahim an-Nu'aim, Pengantar: Syaikh Dr. Shalih bin Ghanim as-Sadlan, Syaikh 'Abdurrahim bin Ibrahim al-Hasyim, Penerbit: Daar adz-Dzakhair, Dammam - Arab Saudi, Cetakan ke-3, Tahun 1422 H, Judul terjemah: Manajemen Umur, Resep Sunnah Menambah Pahala dan Usia, Penerjemah: M. Yasir 'Abdul Muthalib Lc, Penerbit: Pustaka at-Tazkia, Jakarta - Indonesia, Cetakan Pertama, Rabi'ul Awwal 1426 H/ Mei 2005 M.

===

Layanan gratis estimasi biaya rangka atap baja ringan, genteng metal, dan plafon gypsum:
http://www.bajaringantangerang.com

===
Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog