Skip to main content

Ringkasan Shahih Bukhari (82)

Ringkasan Shahih Bukhari

3. Kitab 'Ilmu

48. Bab: Firman Allah, "Dan tidaklah kamu diberi pengetahuan melainkan sedikit." {QS. Al-Israa' (17): 85}

82. Dari 'Abdullah (Ibnu Mas'ud) (ra-dhiyallaahu 'anhu) berkata, "Ketika aku berjalan bersama Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam di [antara 8/189] reruntuhan rumah-rumah (dalam riwayat lain: di antara ladang-ladang 5/228) (76) di Madinah, saat beliau bertelekan tongkat dari pelepah kurma, kami melewati sekelompok yahudi. Salah seorang mereka berkata kepada yang lainnya, 'Tanyakan kepadanya tentang ruh.' [Yang lainnya berkata, 'Bagaimana kalau ditanyakan kepadanya' 5/228] Yang lainnya berkata, 'Jangan tanya dia, karena dia akan menjawab dengan sesuatu yang (dalam riwayat lain: 'Jangan, dia akan memperdengarkan kepada kalian sesuatu yang 8/144) tidak kalian sukai.' Akan tetapi yang lainnya berkata, 'Mari kita tanya dia.' [Orang-orang lainnya berkata, 'Ayo tanya dia.'] Kemudian salah seorang dari mereka berdiri [mendekati beliau (Shallallaahu 'alaihi wa Sallam)] dan bertanya, 'Wahai Abu Qasim! Apakah yang dimaksud dengan ruh?' Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam terdiam [beliau tidak memberikan jawaban apa-apa kepada mereka], (dalam riwayat lain: beliau berhenti sebentar) [sambil bertelekan pada tongkat, sementara aku di belakangnya 8/188], aku duga pada saat itu wahyu sedang diturunkan, [maka aku pun mundur hingga wahyu selesai], lalu aku kembali ke posisiku semula. Setelah selesai diturunkan, beliau (Shallallaahu 'alaihi wa Sallam) pun membaca, "Mereka bertanya kepadamu tentang ruh. Katakanlah kepada mereka, 'Ruh itu urusan Rabbku.' Dan tidaklah kamu diberi pengetahuan kecuali sedikit." {QS. Al-Israa' (17): 85}" -Al-A'masy berkata, "Demikianlah dalam {riwayat} bacaan kami- [lalu salah seorang mereka berkata kepada yang lainnya, "Sudah kukatakan pada kalian, jangan tanya dia!"]

===

(76) Al-Hafizh berkata, "Ini yang lebih benar, karena Muslim juga telah mengeluarkannya dari jalur lain, yaitu Abu Mas'ud dengan lafazh (كان في نخل).

===

Maraji'/ sumber:
Kitab: Mukhtashar Shahih al-Imam al-Bukhari, Penulis: Imam Muhammad Nashiruddin al-Albani rahimahullaah, Judul Terjemahan: Ringkasan Shahih Bukhari Jilid 1, Penerjemah: Asep Saefullah FM, M.A., Drs. Kamaluddin Sa'adiyatulharamain, Editor: Abu Rania, Abu Fahmi Huaidi, Fajar Inayati, Penerbit: Pustaka Azzam, Jakarta - Indonesia, Cetakan keenam, Nopember 2013 M.

===

Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog