Skip to main content

Anda dan Harta: Bagaimana Anda Mendapatkan Harta? Do'a

Anda dan Harta

Bagaimana Anda Mendapatkan Harta?

5. Do'a (1)

Dari Ummu Salamah (ra-dhiyallaahu 'anha), Sesungguhnya Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam ketika shalat Shubuh selesai mengucapkan salam,

اَللَّّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Allaahumma innii as-aluka 'ilman naafi'an, wa rizqan thayyiban, wa 'amalan mutaqabbalan.
"Wahai Allah, sesungguhnya aku meminta pada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik, dan amal yang diterima." (2)

Begitu juga beliau (Shallallaahu 'alaihi wa Sallam) bersabda,

اَللَّّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْفَقِرِ وَالْقِلَةِ وَالذِّلَةِ

Allaahumma innii a'uu-dzu bika minal faqiri wal qilati wadz dzilati.
"Wahai Allah, sesungguhnya aku berlindung pada-Mu dari miskin, kekurangan dan hina." (3)

Dari 'Ali ra-dhiyallaahu 'anhu, "Sesungguhnya seorang budak datang padanya dan berkata, 'Sesungguhnya aku tidak mampu menyelesaikan akad kitabku (4), maka tolonglah aku. 'Ali berkata, 'Maukah kamu aku ajarkan do'a yang diajarkan oleh Rasulullah (Shallallaahu 'alaihi wa Sallam) kepadaku? Andai engkau memiliki hutang sebesar gunung, maka Allah akan memberi kamu kemampuan membayarnya.' 'Ali berkata, 'Katakanlah, 'Wahai Allah, cukupkan aku dengan (rezeki) halal-Mu dari haram-Mu. Kayakan aku dengan kemurahan-Mu dari yang (meminta kepada) selain Engkau.''" (5)

Jadi do'a adalah salah satu sebab yang mendatangkan rezeki, karena kita berhadapan dengan Allah Yang Maha Memberi rezeki. Allah menjadikan do'a sebagai 'ibadah. Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda,

"Do'a adalah ibadah, Rabb kalian berfirman, 'Mintalah pada-Ku, maka Aku akan mengabulkn.' (QS. Ghafir: 60)" (6)

Do'a adalah ibadah yang sejati, karena do'a diaaraahkan kepada Allah, dimana seorang hamba meminta rezeki hanya kepada-Nya. Allah memberitahukan bahwa Dia sangat dekat dengan hamba-Nya dan mengabulkan permohonan hamba. Allah berfirman,

"Jika hamba-Ku bertanya padamu tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku mengabulkan permintaan orang yang berdo'a kepada-Ku." (QS. Al-Baqarah: 186)

Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda,

"Sesungguhnya Rabb kalian Pemalu dan Maha Pemurah. Dia malu apabila ada hamba-Nya yang mengangkat kedua tangannya (berdo'a) kepada-Nya dibiarkan begitu saja." (7)

Bahkan Allah marah pada orang yang tidak berdo'a dan meminta kepada-Nya. Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda,

"Sesungguhnya orang yang tidak berdo'a kepada Allah, Allah marah padanya." (8) Yang demikian itu karena, "Tidak ada yang lebih mulia di hadapan Allah dari do'a." (9)

===

(1) Lihat al-Jami' li Ahkami al-Qur-an li al-Qurthubi 2/208-209, dan Tuhfat al-Ahwadzi li al-Mubar Kafuri 10/49.

(2) Shahih Sunan Ibni Majah 703.

(3) Shahih al-Jami' ash-Shaghir 1287.

(4) Akad kitab adalah akad seorang hamba sahaya (mukatab) pada tuannya untuk merdeka dengan perjanjian membayar uang cicilan yang tertulis (-pent).

(5) Shahih Sunan at-Tirmidzi 2822.

(6) Shahih Sunan Abi Dawud 1312.

(7) Shahih Sunan Abi Dawud 1320.

(8) Shahih Sunan at-Tirmidzi 2686.

(9) Shahih Sunan at-Tirmidzi 2684.

===

Maraji'/ Sumber:
Kitab: Anta wal maala, Penulis: Syaikh Adnan ath-Tharsyah, Penerbit: Maktabah Wahbah - Kairo, Judul terjemah: Anda dan harta, Penerjemah: Taufik Damas Lc, Editor: H. Abdurrahman Kasdi Lc, Penerbit: Pustaka al-Kautsar, Jakarta - Indonesia, Cetakan Pertama, Juli 2004 M.

===

Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog