Skip to main content

Anda dan Harta: Sebab-sebab Terjaganya Harta dan Bertambahnya Harta

Anda dan Harta

Sebab-sebab Terjaganya Harta dan Bertambahnya Harta

Allah telah menciptakan manusia dan menjelaskan kepadanya jalan kebaikan dan jalan keburukan. Allah juga menjelaskan pada manusia jalan bersyukur dan jalan kekafiran. Allah berfirman,

"Sesungguhnya Kami telah menunjukkan jalan pada manusia. Bisa jadi ia bersyukur, bisa jadi ia kufur." (QS. Al-Insan: 3)

Allah menjadikaan manusia bebas dalam memilih jalannya, dan Allah menjadikan bagi kebebasan, konsekuensi dari kebebasan itu. Jika kebaikan yang dipilih, maka baiklah akibatnya. Jika kejelekan yang dipilih, maka jeleklah akibatnya. Apabila bersyukur, maka akan ditambahkan. Apabila kufur, maka akan disiksa dengan siksa yang pedih. Allah berfirman,

"Ketika Rabb kalian mengumumkan, jika kalian bersyukur, maka sungguh akan Aku tambahkan nikmat pada kalian. Jika kalian kufur, maka sesungguhnya adzab-Ku amat pedih." (QS. Ibrahim: 7)

Untuk menjaga dan mengembangkan harta, Allah menjadikan sebab-sebab yang jika manusia melakukannya, maka hartanya akan terjaga dan bertambah sesuai dengan usahanya.

Allah berfirman,

"Balasan dari Rabbmu sebagai pemberian dan perhitungan." (QS. An-Naba': 36)

Karena manusia taat kepada Allah dan Rasul-Nya, maka Allah membalasnya sesuai amalnya.

Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda,

"Setiap orang yang keluar dari rumahnya, maka ada dua bendera di kedua tangannya, satu bendera di tangan Malaikat, dan satu bendera lagi di tangan setan. Apabila ia keluar dengan tujuan yang dicintai Allah, maka Malaikat mengikutinya dengan bendera. Dia selalu di bawah bendera Malaikat sampai ia kembali ke rumahnya. Apabila ia keluar dengan tujuan yang dibenci Allah, maka setn mengikutinya dengan bendera. Dia selalu di bawah bendera setan sampai ia kembali ke rumahnya." (1)

Setiap manusia memiliki kebebasan untuk memilih bendera mana yang akan menaunginya.

===

(1) Musnad Ahmad 8269. Ahmad Muhammad Syakir berkata: Isnadnya shahih.

===

Maraji'/ Sumber:
Kitab: Anta wal maala, Penulis: Syaikh Adnan ath-Tharsyah, Penerbit: Maktabah Wahbah - Kairo, Judul terjemah: Anda dan harta, Penerjemah: Taufik Damas Lc, Editor: H. Abdurrahman Kasdi Lc, Penerbit: Pustaka al-Kautsar, Jakarta - Indonesia, Cetakan Pertama, Juli 2004 M.

===

Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog