Skip to main content

Adabul Mufrad (75)

Adabul Mufrad

Kitab Hubungan Keluarga

40. Bab: Budak dari Suatu Kaum adalah Termasuk dalam Keluarga Mereka.

75. Rifa'ah bin Rafi' (ra-dhiyallaahu 'anhu) berkata bahwa Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam pernah berkata pada 'Umar bin al-Khaththab (ra-dhiyallaahu 'anhu):

"Kumpulkan kaummu."

'Umar ra-dhiyallaahu 'anhu lalu mengumpulkan mereka. Ketika mereka telah berkumpul di pintu rumah Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam, 'Umar ra-dhiyallaahu 'anhu masuk dan berkata, "Sudah kukumpulkan kaumku." Ketika orang-orang Anshar mendengar hal itu mereka berkata, "Telah turun wahyu pada orang Quraisy. Maka berdatanganlah mereka yang ingin mendengar dan melihat apa yang akan diucapkan pada orang Quraisy tersebut. Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam kemudian berdiri di antara mereka dan bersabda:

"Apakah ada orang lain yang bergabung dengan kalian?"

Mereka menjawab, "Benar, halif kami, keponakan kami dan budak kami." Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam lalu bersabda:

"Pendukung kita, keponakan kita dan budak kita adalah termasuk dalam kelompok kita dan kalian mendengar bahwa wali-waliku adalah mereka yang bertakwa jika kalian adalah mereka maka kalian adalah wali-waliku. Jika tidak maka ketahuilah! Jangan sampai pada hari Kiamat nanti orang lain datang dengan perbuatan-perbuatan (baik) mereka, sedangkan kalian datang dengan dosa-dosa kalian. Lalu semua itu ditolak dari kalian."

Beliau (Shallallaahu 'alaihi wa Sallam) kemudian mengangkat suaranya sambil bersabda:

"Wahai manusia -sambil mengangkat tangannya pada kepala orang-orang Quraisy- wahai manusia, sesungguhnya orang Quraisy adalah orang-orang yang memegang amanat. Siapa yang berbuat zhalim terhadap mereka -atau berbuat jelek- Allah akan menelungkupkan wajahnya."

Beliau (Shallallaahu 'alaihi wa Sallam) mengucapkannya tiga kali.

===

Maraji'/ Sumber:
Kitab: Adabul Mufrad, Penulis: Imam al-Bukhari rahimahullaah, Penerjemah: Muhammad Khalid Abri, Penerbit: Syiar Semesta, Surabaya - Indonesia, Cetakan I, Mei 2004 M.

===

Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog