Skip to main content

Ringkasan Shahih Bukhari (69)

Ringkasan Shahih Bukhari

3. Kitab 'Ilmu

38. Bab: Hendaknya yang Hadir Menyampaikan 'Ilmu kepada yang Tidak Hadir (32).(72) Ini diucapkan Ibnu 'Abbas (ra-dhiyallaahu 'anhuma) dari Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam

69. Dari Abu Syuraih [al-Adawi 5/94] (ra-dhiyallaahu 'anhu), bahwa ia berkata kepada Amr bin Sa'id ketika Amr sedang mengirim tentara ke Makkah, "Wahai pemimpin, izinkanlah aku menyampaikan sabda Nabi (Shallallaahu 'alaihi wa Sallam) yang diucapkan beliau di pagi hari penaklukan kota Makkah. Sabda ini kudengar langsung dengan kedua mataku ketika beliau (Shallallaahu 'alaihi wa Sallam) mengucapkannya. Saat itu beliau (Shallallaahu 'alaihi wa Sallam) terlebih dahulu memuji dan mengagungkan-Nya, lalu bersabda, 'Sesungguhnya kota Makkah telah diharamkan (disucikan) Allah dan bukan diharamkan oleh manusia. Tidak halal bagi orang yang beriman kepada Allah dan hari Akhir untuk menumpahkan darah di dalamnya dan menebang pohonnya. Jika ada orang yang mengatakan bahwa hal tersebut halal karena Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam sendiri berperang di Makkah, maka katakanlah [kepadanya 2/213], 'Sesungguhnya Allah hanya memberi izin kepada Rasul-Nya dan tidak memberi izin kepada kalian semua. Itupun hanya sesaat di siang hari penaklukan, kemudian kesucian kota ini kembali seperti semula.' Hendaklah yang hadir menyampaikan hal ini kepada yang tidak hadir.'" Seseorang bertanya kepada Abu Syuraih, "Apakah jawaban yang dikemukakan Amr [kepadamu]?" Abu Syuraih menjawab, "Dia berkata, 'Wahai Abu Syuraih, aku lebih tahu [tentang itu] daripada engkau. Kota Makkah (dalam riwayat lain: Tanah suci) tidak akan melindungi pendurhaka, tidak pula orang yang lari dengan darah (pembunuh), dan tidak pula melindungi pencuri unta.'"

['Abdullah berkata: al-Khabah artinya adalah baliyah 4/95]

===

(72) Ini adalah bagian dari haditsnya yang insya Allah akan disebutkan secara maushul pada kitab ke 25 bab 132.

===

Maraji'/ sumber:
Kitab: Mukhtashar Shahih al-Imam al-Bukhari, Penulis: Imam Muhammad Nashiruddin al-Albani rahimahullaah, Judul Terjemahan: Ringkasan Shahih Bukhari, Penerjemah: Asep Saefullah FM, M.A., Drs. Kamaluddin Sa'adiyatulharamain, Penerbit: Pustaka Azzam, Jakarta - Indonesia, Cetakan keenam, Nopember 2013 M.

===

Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog